Sahrul Gunawan Apresiasi Kampung Wisata Bedas Sabumi di Bumiwangi Ciparay

"Kontennya juga cukup lengkap, selain sungai yang dijadikan wisata alam, ada juga wisata kreatif yang dikelola masyarakat"

Editor: Adityas Annas Azhari
istimewa
Wabup Bandung, Sahrul Gunawan, saat menghadiri Aksi Pelestarian Lingkungan di Kawasan Penataan Percontohan Program Kampung Bedas Sabumi di Desa Bumiwangi Ciparay, Minggu (13/6/2021). 

KABUPATEN Bandung memiliki sumber daya alam yang melimpah, hal tersebut merupakan potensi ekonomi.

Wakil Bupati Bandung, Sahrul Gunawan, mengajak masyarakat untuk turut berperan serta melakukan upaya pelestarian lingkungan.

"Hal itu dapat menjadi potensi ekonomi bagi wilayah setempat," saat menghadiri Aksi Pelestarian Lingkungan di Kawasan Penataan  Percontohan Program Kampung Bedas Sabumi di Desa Bumiwangi, Ciparay, Kabupaten Bandung, Minggu (13/6/2021).

Baca juga: Ada 122 Destinasi Wisata di Kabupaten Bandung, Info Lengkapnya di Aplikasi Bedas Smart Tourism

Sahrul mengatakan, saat ini pariwisata alam sedang tren di tengah masyarakat.  "Dengan sumber daya alam yang kita miliki, kita bisa menjadikan ini sebagai potensi untuk membangun wilayah," kata Sahrul.

Sahrul mengapresiasi keberadaan Kampung Bedas Sabumi yang berlokasi di Bumiwangi Ciparay karena masyarakatnya berperan aktif.

Baca juga: Sektor Wisata di Kabupaten Bandung dengan Fokus Budaya Lokal Diprioritaskan untuk Dorong Ekonomi

"Kontennya juga cukup lengkap, selain sungai yang dijadikan wisata alam, ada juga wisata kreatif yang dikelola masyarakat, seperti panahan, perkebunan, bibit kurma, bank sampah tematik, dan pencak silat," kata Sahrul.

Sahrul berharap, apa yang dilakukan warga Bumiwangi ini bisa menjadi motivasi daerah lainnya untuk membangkitkan wilayahnya melalui pelestarian lingkungan.

Baca juga: Penangkaran Rusa di Rancaupas Kabupaten Bandung, Lokasi Favorit untuk Wisata dan Foto Prewedding

Selain itu kata Sahrul, saat ini Pemerintah Kabupaten Bandung tengah menyusun strategi terkait pemulihan perekonomian daerah, melalui sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Bantuan terhadap UMKM sudah dipikirkan, sekarang kami sedang mencari teknisnya, bagaimana bantuan ini tepat sasaran dan manfaatnya bisa dirasakan seluruh  masyarakat Kabupaten Bandung," ucapnya. (tribunjabar/lutfi ahmad mauludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved