Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata Ingin Ada Objek Wisata Baru di Sungai Putrapinggan

"Kami akan tindaklanjuti, untuk melakukan edukasi bahwa jangan membuang sampah dan limbah rumah tangga sembarangan apalagi ke sungai"

Editor: Adityas Annas Azhari
Tribun Jabar/Padna
Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, berada di tepi Sungai Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Minggu (13/6/2021) 

BUPATI Pangandaran Jeje Wiradinata mengatakan, ingin mendesain objek wisata tirta (air) baru di Sungai Putrapinggan di Kecamatan Kalipucang  .

"Kan, wisata lainnya sudah cukup bagus. Tinggal sekarang kita menata objek wisata baru yang akan dibuat di sungai Putrapinggan. Ide awalnya, memang kami pertama berdiskusi dengan ibu Susi Pudjiastuti. Ketika melihat Sungai Putrapinggan, itu bagus untuk dibuat wisata tirta," ujar Jeje saat seusai sosialisasi penanganan Sampah di bibir Sungai Putrapinggan, Minggu (13/6/2021).

Ia meminta, kepada masyarakat melalui camat dan kepala desa sekitaran sungai Putrapinggan untuk selalu menjaga kebersihan.

Bupati Jeje Wiradinata di tepi Sungai Putrapinggan saat acara  sosialisasi penanganan sampah ke masyarakat, Minggu (13/6/2021)
Bupati Jeje Wiradinata di tepi Sungai Putrapinggan saat acara sosialisasi penanganan sampah ke masyarakat, Minggu (13/6/2021) (Tribun Jabar/Padna)

"Karena, sungai ini bagus. Untuk itu Saya serahkan kepada camat, satu minggu kemudian kita tangani apa persoalannya dan bagaimana solusinya. Nanti, pada tanggal 1 Juli 2021 itu sudah dibersihkan," kata Jeje.

Baca juga: Sate Toe Khas Kalipucang Pangandaran, Rasanya Enak dan Harganya Murah

Camat Pangandaran, Yadi Setiadi mengatakan pihaknya bersama kecamatan Kalipucang, dan DLHK akan membuat kajian dan konsep apa yang disampaikan Bupati Pangandaran.

"Kami akan tindaklanjuti, untuk melakukan edukasi bahwa jangan membuang sampah dan limbah rumah tangga sembarangan apalagi ke sungai," ucapnya.

Kata Yadi, Ia bersama Camat Kalipucang akan melakukan secepatnya dengan apa yang diperintahkan Bupati Pangandaran.

Camat Kalipucang, Nana Sukarna menambahkan, panjang sungai yang akan dibuat untuk objek wisata tirta yaitu sekitar 3 kilometer.

"Kalau di wilayah Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang sampai ke muara itu 2 kilometer. Kalau dari muara sampai sungai di Desa Sukahurip, Kecamatan Pangandaran itu sekitar 1 kilometer lebih. Jadi, totalnya sekitar 3 kilometer lebih," kata Nana. (tribunjabar/padna)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved