Wakil Wali Kota Bandung Klaim Kota Bandung Aman untuk Wisatawan

"Kami berusaha memberikan semangat agar sektor pariwisata lebih baik meski di tengah keterbatasan.

Tribun Jabar
Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana 

KOTA Bandung dipastikan aman untuk dikunjungi wisatawan. Hal itu secara langsung diungkapkan Kota Bandung'>Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana setelah melihat ketatnya penerapan protokol kesehatan di tempat wisata yang ada di Kota Bandung.

Yana menegaskan Pemkot Bandung di awal pandemi selalu utamakan sektor kesehatan. Ketika sudah terkendali, pihaknya pun lanjut melakukan relaksasi dengan memberikan standar operasional prosedur (SOP) serta simulasi sehingga pariwisata dan ekonomi dapat berjalan baik.

Pengunjung mendatangi Bandung Zoological Garden (Bazoga), Jumat (14/5/2021)
Pengunjung mendatangi Bandung Zoological Garden (Bazoga), Jumat (14/5/2021) (TribunJabar/Putri Puspita)

"Pariwisata di Kota Bandung itu masih banyak pengunjungnya dari warga lokal. Kami optimis sektor pariwisata Kota Bandung bisa bangkit," katanya kepada Tribun, Selasa (8/6/2021).

Keoptimisan yang dimiliki Yana bukan tidak mendasar, ia melihat adanya inovasi dan kolaborasi dari Asosiasi Travel Indonesia (Astindo) yang mendukung percepatan pemulihan pariwisata.

Baca juga: Kota Bandung Segera Memiliki Jalur Wisata Bersepeda Menyusuri Jejak Sejarah Bandung Lautan Api

Ketua Umum Astindo, Elly Hutabarat mengaku selama 15 bulan sektor pariwisata tidak bergerak. Kini waktu yang tepat untuk bangkit.

Elly  juga menyebut sebanyak 60 persen travel agen ada yang tutup permanen dan sementara.

Pengunjung naik perahu karet menyusuri Sungai Cikapundung dalam jarak pendek di Teras Cikapundung, Babakan Siliwangi, Kota Bandung, Jumat (14/5/2021)
Pengunjung naik perahu karet menyusuri Sungai Cikapundung dalam jarak pendek di Teras Cikapundung, Babakan Siliwangi, Kota Bandung, Jumat (14/5/2021) (Tribun Jabar/Kemal Setia Permana)

"Kami berusaha memberikan semangat agar sektor pariwisata lebih baik meski di tengah keterbatasan. Kegiatan-kegiatan terus berjalan, seperti webinar, pelatihan, serta hadir dukungan dari pemerintah daerah maupun pusat. Kolaborasi antara pemerintah dan swasta terbukti dapat menguatkan pondasi dalam mengembangkan pariwisata Indonesia," katanya. (tribunjabar/nandri prilatama)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved