Asosiasi Travel Agent Indonesia Bagikan Cara Kreatif Untuk Tarik Minat Wisatawan Berlibur

"Mereka menjual paket wisata ke beberapa kota misalnya Jakarta- Tanah Lot- Uluwatu".

INDUSTRI pariwisata menjadi salah satu usaha yang paling tinggi terdampak akibat adanya pandemi Covid-19.  Banyak wisatawan yang belum bisa berlibur seperti keadaan normal akibat pandemi ini.

Berbagai agen travel pun harus terkena dampaknya selama awal pandemi menghantam berbagai industri.

Ketua Umum DPP,  Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo)  2021-2025, Pauline Suharso mengatakan, saat ini kondisi travel agent mulai membaik sejak Desember 2020.

Munas Asindo di Hotel El Royale, Bandung, Rabu (9/6/2021)
Munas Asindo di Hotel El Royale, Bandung, Rabu (9/6/2021) (TribunJabar/Putri Puspita)

"Tapi kondisinya masih rugi dan belum bisa menutupi biaya operasional," ujarnya saat ditemui seusai kegiatan Munas Astindo di El Royale, Jalan Merdeka, Selasa (8/6/2021).

Pauline mengatakan, berbagai ide kreatif terus dilalukan oleh para travel agent supaya wisatawan tidak merasa bosan dan merasa aman ketika liburan.

Baca juga: Wakil Wali Kota Bandung Klaim Kota Bandung Aman untuk Wisatawan

"Mereka menjual paket wisata ke beberapa kota misalnya Jakarta- Tanah Lot- Uluwatu. Namun, kini mereka menjual paket wisata seperti healing, yoga, dan wisata adventure, " ujarnya.

Saat ini, permintaan tiket travel ke Jakarta pun dikatakan Pauline masih cukup ramai. Lalu wisata Labuan Bajo juga kian diminati bagi wisatawan lokal untuk liburan.

Pulau Padar Labuan Bajo NTT
Pulau Padar Labuan Bajo NTT (tribunnews)

"Yang sedang ramai sekarang Labuan Bajo tanggal 10-12 Juni tiket pesawat bisa penuh. Bali juga penuh, " ucapnya.

Sementara itu alasan Jakarta masih menjadi  alasan banyak dikunjungi kata Pauline, karena masih menjadi alasan perjalanan dinas.

Baca juga: Tahun Depan Banyak Kegiatan Wisata, Ini 10 Event yang Paling Top, Turis Silakan datang ke Bandung

Ia berharap pemerintah memberlakukan buka tutup suatu kota sebaiknya dipersiapkan jauh hari sebelumnya. Hal ini dilakukan supaya travel agent bisa memberikan  info kepada para konsumen lebih detail.

Rangkaian kegiatan Musyawarah Nasional (Munas) Astindo di Bandung telah dimulai sejak 7-9 Juni 2021.

Wisatawan lokal berendam di pemandian air panas Geyser Cisolok di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi
Wisatawan lokal berendam di pemandian air panas Geyser Cisolok di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi (Tribun Jabar/Rizal Jalaludin)

Pauline Suharno yang sebelumnya menduduki posisi Sekretaris Jendral Astindo menjadi Ketua Umum DPP.

Pauline memang sudah terlihat presetasinya sejak tiga tahun belakangan. Ia aktif di berbagai lembaga-lembaga dan asosiasi-asosiasi di tingkat Regional dan International.  (tribunjabar/putri puspita)

Sumber: Tribun Jabar

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved