Meski Harus Naik Ojek ke Lokasi, Pemandian Air Panas Desa Subang Kuningan Selalu ramai Setiap Hari

Alhamdulillah pendapatan hasil ngojek ada saja. Sebab setiap hari itu, pengunjung yang mau ke pemandian air panas itu harus naik ojek.

Tribun Cirebon/Ahmad Ripai
Kolam renang air panas di Desa Subang, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan 

MESKI berada di kawasan perbukitan di wilayah Kuningan selatan, lokasi objek wisata pemandian air panas di Desa Subang, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Tidak pernah sepi dari pengunjung setiap harinya.

Demikian hal itu dikatakan Andry, salah seorang tukang ojek kawasan wisata setempat, saat berbincang dengan Tribuncirebon.com, Minggu (6/6/2021).

"Sejak beberapa tahun terakhir, atau pas lokasi wisata dikelola oleh BUMDes, pengunjung setiap harinya ada saja yang datang," ujar Andry.

Kolam renang air panas di Desa Subang, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan
Kolam renang air panas di Desa Subang, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan (Tribun Cirebon/Ahmad Ripai)

Andry mengaku sangat bahagia dengan aktivitasnya sebagai jasa angkut penumpang alias tukang ojek kalrena banyaknya wisatawan menggunakan jasanya..

"Iya, Alhamdulillah pendapatan hasil ngojek ada saja. Sebab setiap hari itu, pengunjung yang mau ke pemandian air panas itu harus naik ojek. Karena ke lokasi jalannya belum memungkinkan untuk mobil," katanya.

Baca juga: Tempat Wisata Sukageuri View di Cigugur Kuningan Kian Nyaman dengan Berbagai Fasilitas

Wisata yang datang, kata Andry, tidak semata menikmati air panas dan pesona alam di lingkungan wisata yang masih asri. Melainkan, para pelancong atau wisatawan datang itu kebanyakan untuk melakukan pengobatan atas penyakit yang dirasakan.

" Mereka mayoritas untuk mengobati penyakitnya. Sebab kandungan air panas alami ini memiliki khasiat untuk penyembuhan beragam penyakit," ungkapnya.

Kolam renang air panas di Desa Subang, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan
Kolam renang air panas di Desa Subang, Kecamatan Subang, Kabupaten Kuningan (Tribun Cirebon/Ahmad Ripai)

Dalam penyembuhan penyakit saat pelancong datang, kata Andry,  akan diterima oleh kuncen sekaligus terapis yang bertugas di kawasan wisata air panas di sini.

"Kalau cara pengobatan atau ritual penyembuhan penyakit. Itu ada kuncen yang tahu tata caranya, saya cuma tukang ojek bawa pengunjung dari pusat pemerintahan desa hingga ke lokasi wisata ini," katanya.

Baca juga: Wisatawan Ramai Berfoto-foto di Pondok Cai Pinus Kuningan di Kaki Ciremai, Ada Kastil Harry Potter

Menyinggung soal ongkos angkutan roda dua, Andry mengaku cukup dengan membayar Rp 10 ribu sekali angkut, pengunjung dari pusat pemerintahan Desa Subang bisa singgah ke lokasi wisata air panas disini.

"Ya kalau ongkos itu hanya Rp 10 jadi kalau pulang pergi itu cukup Rp 20 ribu. Nah, untuk tiket masuk ke wisata air panas itu Rp 10 ribu untuk dewasa dan Rp 5 ribu untuk anak-anak," ujarnya. (tribuncirebon/ahmad ripai)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved