Ingin Tahu Perjalanan dan Perjuangan Terbentuknya Purwakarta, Datang ke Wisata Diorama

"Diorama Purwakarta ini tentu kami menampilkan wajah-wajah serta nama-nama pemimpin Purwakarta dari masa ke masa"

Tribun Jabar/Nandri Prilatama
Wisata Diorama di Bale Panyawangan Purwakarta, Jalan K.K Singawinata, Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta. Kabupaten Purwakarta 

WARGA Purwakarta atau para pencinta jalan-jalan, pernah enggak datang ke wisata edukasi Diorama Purwakarta?

Bagi Anda yang belum mencoba, sebaiknya segera datang ke wisata Diorama Purwakarta. Letaknya di Bale Panyawangan Purwakarta,  Jalan K.K Singawinata, Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta, Kabupaten Purwakarta.

Di sana kita dapat mengetahui informasi-informasi terkait sejarah terbentuknya Purwakarta hingga kegiatan-kegiatan bupati saat ini, yaitu Anne Ratna Mustika.

Koleksi di Bale Panyawangan Diorama Purwakarta
Koleksi di Bale Panyawangan Diorama Purwakarta (kompas.com/diporaparbud.purwakartakab/rezaphotowork)

Kepala UPTD Diorama Purwakarta, Edi Rasidi, menjelaskan, diorama ini diresmikan pada 21 Februari 2015, tepatnya saat pemerintahan bupati Dedi Mulyadi.

Diorama Purwakarta memiliki 9 ruangan, mulai ruang Maharaja Linggabuana sampai pada miniatur-miniatur festival yang telah diadakan di Purwakarta dan koleksi wayang golek Pandawa 5.

Baca juga: Serabi Kurma Jadi Favorit Menu Buka Puasa di Kedai Kang Dyan di Purwakarta

"Diorama Purwakarta ini tentu kami menampilkan wajah-wajah serta nama-nama pemimpin Purwakarta dari masa ke masa. Dan jumlahnya sudah ada 10 orang termasuk PJ Bupati sebelum Ambu Anne," katanya, Jumat (28/5/2021).

Ketika kita berkunjung ke Diorama Purwakarta, pengunjung tentu bakal ditemani oleh guide yang siap memberikan pemahaman kepada kita terkait apa yang ada di dalam.

Baca juga: Soto Sadang Lama, Kulliner Legendaris Purwakarta yang Tak Lekang oleh Waktu, Belum Ada Cabangnya

Namun, bagi kalian yang hendak ke diorama ini harus bersabar. Pasalnya, wisata edukasi Diorama Purwakarta masih belum dibuka karena adanya pandemi Covid-19.

"Belum, masih belum dibuka karena kondisinya masih pandemi. Tapi, insya Allah nanti akan dibuka setelah kondisi benar-benar membaik," katanya.

Wisata Diorama di Bale Panyawangan Purwakarta, Jalan K.K Singawinata, Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta.
Wisata Diorama di Bale Panyawangan Purwakarta, Jalan K.K Singawinata, Nagri Tengah, Kecamatan Purwakarta. (Tribun Jabar/Nandri Prilatama)

Di dalam diorama ini pengunjung disuguhkan perjalanan dan perjuangan menuju terbentuknya Purwakarta yang terlebih dahulu ternyata cikal bakalnya berasal dari Karawang, yang kemudian di Purwakarta dibangunlah bangunan Karesidenan di wilayah Wanayasa.

Ruangan terakhir yang menjadi penutup pengunjung di Diorama Purwakarta ialah dapat berfoto secara virtual dengan bupati Anne Ratna Mustika. (tribunjabar/muhamad nandri prilatama)

Sumber: Tribun Jabar

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved