Prosesi Nyekar Tawasulan untuk Menggairahkan Kembali Wisata ke Gua Pawon di Kabupaten Bandung Barat

Gua Pawon selain tempat tinggal manusia prasejarah juga  dipakai sebagai tempat ritual khusus

Tribun Jabar/Zelphi
Pesilat Paguron Panglipur Pamager Sari, Padepokan Pasir Ipis, Jaya Giri, Lembang memeragakan jurus silat menggunakan Pusaka Karatuan usai upacara nyekar Nyi Mas Ratu Sobrah Kancana di Gua Pawon, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Rabu (19/05/2021) 

PARA sesepuh Gua Pawon melakukan prosesi Nyekar Tawasulan Nyi Imas Ratu Sobrah Kancana. Para Pesilat Paguron Panglipur Pamager Sari, Padepokan Pasir Ipis, Jaya Giri, Lembang itu mendapat restu dari sesepuh Gua Pawon, H Elan Sumarna sebelum memeragakan jurus silat menggunakan Pusaka Karatuan.

Mereka sebelumnya melakukan upacara nyekar Nyi Mas Ratu Sobrah Kancana di Gua Pawon, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat (KBB),  Rabu (19/5/2021).

Pesilat  juga  mengenakan pusaka  Nyi Imas Ratu Sobrah Kancana  sebelum memeragakan jurus silat. Terompet pencak mengiringi gerakan pesilat itu.

Para sesepuh Gua Pawon melakukan prosesi Nyekar Tawasulan Nyi Imas Ratu Sobrah Kancana di Gua Pawon, Rabu (19/5/2021)
Para sesepuh Gua Pawon melakukan prosesi Nyekar Tawasulan Nyi Imas Ratu Sobrah Kancana di Gua Pawon, Rabu (19/5/2021) (Tribun Jabar/Zelphi)

Gua Pawon selain tempat tinggal manusia prasejarah juga  dipakai sebagai tempat ritual khusus para leluhur yang menyerahkan senjata pusaka pada keturunannya melalui prosesi Panuhun Pusaka Karatuan. 

Prosesi ini oleh inohong Budaya Sunda yang juga akademisi, Nanu Munajar Dahlan atau lebih dikenal dengan Abah Nanu dikemas sebagai kegiatan untuk menghidupkan kembali kegiatan yang akan menarik wisatawan ke Gua Pawon.

Pesilat Paguron Panglipur Pamager Sari, Padepokan Pasir Ipis, Jaya Giri, Lembang mendapat restu dari sesepuh Gua Pawon, H Elan Sumarna di muluit Gua Pawon, Rabu (19/5/2021)
Pesilat Paguron Panglipur Pamager Sari, Padepokan Pasir Ipis, Jaya Giri, Lembang mendapat restu dari sesepuh Gua Pawon, H Elan Sumarna di muluit Gua Pawon, Rabu (19/5/2021) (Tribun Jabar/Zelphi)

Selama ini Gua Pawon hanya dijadikan kawasan wisata edukasi yang sepi pengunjung. Untuk ke depannya di lokasi ini akan dibuat bangunan yang menyimpan benda sejarah situs purbakala karena banyak ditemukan artevak tempat tinggal manusia prasejarah, seperti yang diungkapkan Heri Pratomo sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung Barat. 

Pesilat Paguron Panglipur Pamager Sari, Padepokan Pasir Ipis, Jaya Giri, Lembang memeragakan jurus silat di Gua Pawon, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, KBB Rabu (19/05/2021)
Pesilat Paguron Panglipur Pamager Sari, Padepokan Pasir Ipis, Jaya Giri, Lembang memeragakan jurus silat di Gua Pawon, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, KBB Rabu (19/05/2021) (Tribun Jabar/Zelphi)

Gua Pawon yang berada sekitar 25 km arah barat Kota Bandung merupakan sebuah tempat yang penting bagi orang Sunda karena di sanalah tempat berkumpulnya sesepuh Sunda yang sekarang menduduki bagian barat pulau Jawa. Di sana pernah ditemukan kerangka manusia purba yang konon adalah nenek moyang orang Sunda (masih diteliti di balai Arkeolog Bandung).

Sejumlah Pesilat dari Paguron Panglipur Pamager Sari, Padepokan Pasir Ipis, Jaya Giri, Lembang menuju lokasi upacara di Gua Pawon, Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (19/5/2021)
Sejumlah Pesilat dari Paguron Panglipur Pamager Sari, Padepokan Pasir Ipis, Jaya Giri, Lembang menuju lokasi upacara di Gua Pawon, Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (19/5/2021) (Tribun Jabar/Zelphi)

Popularitas Gua Pawon sebagai tempat wisata memang kalah dengan tempat-tempat wisata lainnya yang berada di sekitar Bandung, misalnya saja oleh Kawah Putih, Tangkuban Perahu ataupun Situ Ciburuy yang berada di dekatnya.  (tribun jabar/zelphi)

Sumber: Tribun Jabar

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved