Menikmati Wisata di Sayang Kaak Ciamis di Bawah Pantauan Satgas Covid-19

“Selama libur lebaran ini ada tiga kali yang turun off road. Selama bulan puasa lalu hanya sekali, itupun dalam  rangka kegiatan amal"

istimewa
Objek wisata Sayang Kaak Handapherang Ciamis menyediakan track off road untuk dicoba wisatawan 

SAAT liburan lebaran ini objek wisata keindahan alam Sayang Kaak di Dusun Cikatomas, Desa Handapherang, Cijeungjing, Ciamis selalu buka tiap hari.  Tidak pernah tutup untuk kunjungan wisatawan.

“Selama liburan lebaran ini kami sudah buka mulai H+1,  Jumat (14/5) siang, Setelah salat Jumat. Dan sampai sekarang tetap buka, tidak pernah tutup,” ujar Eris Darmawan, manajer  Sayang Kaak kepada Tribun, Sabtu (22/5).

Selama liburan lebaran ini menurut Eris, rata-rata pengunjung ke Sayang Kaak sekitar 50 orang. “Sementara pada hari weekend sampai 80 hingga 100 orang. Tidak sampai membludak. Itupun tidak sampai 10 persen dari kapasitas. Luas areal objek mencapai 4 hektare,” katanya.

Liburan lebaran di objek wisata Sayaang Kaak Handapherang Ciamis pengunjungnya tidak sampai membludak. Tidak pernah tutup pascalebaran
Liburan lebaran di objek wisata Sayaang Kaak Handapherang Ciamis pengunjungnya tidak sampai membludak. Tidak pernah tutup pascalebaran (istimewa)

Namun agar tetap aman dan untuk mengantisipasi penularan virus Corona, tempat wisata ini mewajibkan pengunjung selalu taat protokol kesehatan. Pakai masker, cuci tangan, dan jaga jarak hindari kerumunan.

Setiap pengunjung yang masuk kawasan objek wisata yang berada di tebing di atas lembah hijau Sungai Citanduy tersebut harus dicek suhu tubuhnya dulu dengan menggunakan thermogun.

Baca juga: Astana Gede Kawali dan Kolam Renang Tirta Winaya Ciamis Kembali Dibuka untuk Wisatawan

Protokol kesehatan tak hanya itu. Disediakan pula delapan wastfel untuk cuci tangan pakai sabun dan air mengalir yang tersebar di 8 lokasi termasuk di pintu gerbang masuk. Sejumlah banner dan spanduk imbauan untuk selalu  mentaati prokes juga sudah terpasang.

Selama libur lebaran ini secara rutin tiap hari ada pematauan dari petugas keamanan dari tingkat Polsek berikut dari Satgas Desa. Dan pemantauan dari Tm Dinas Pariwisata Ciamis secara priodik.

Baca juga: Sensasi Bermain Kayak di Situ Lengkong Panjalu Ciamis, Olahraga Rekreasi di Keindahan Alam

Dapat dipahami saat makan dan saat foto di spot selfie tentu tidak pakai masker.

Sejumlah ibu berfoto di objek wisata Sayang Kaak Handapherang Ciamis pada libur lebaran beberapa waktu lalu
Sejumlah ibu berfoto di objek wisata Sayang Kaak Handapherang Ciamis pada libur lebaran beberapa waktu lalu (istimewa)

Menyambut liburan lebaran ini menurut Eris memang tidak ada wahana baru yang diperkenalkan. Semuanya wahana lama, seperti spot-spot selfie, flyingfox, ATV dan sebagainya. Termasuk track off road, dengan dua mobil tersedia.

Sayang Kaak berarti sarang burung kaak (sejenis burung mirip rajawali). “Selama libur lebaran ini ada tiga kali yang turun off road. Selama bulan puasa lalu hanya sekali, itupun dalam  rangka kegiatan amal,” kata Eris.

Baca juga: Bus Gatrik Menambah Lengkap Keceriaan Ramadan, Siap Ajak Warga Keliling Kota Ciamis

Selama bulan puasa nyaris tanpa pengunjung, padahal diskon tiket masuk sampai 50 persen plus door prize lagi. Yang ada hanya kegiatan amal, bakti sosial.

Untuk libur lebaran ini, tarif karcis masuk kembali normal tanpa diskon dan tanpa door prize. Dan tidak ada kenaikan tarif dari biasanya.

Baca juga: Pusat Budaya Ciamis Akan Dibangun di Situs Karangkamulyan, Bupati Buka Galuh Travel Mart

Menurut Sekretaris Dinas Pariwisata Ciamis, Budi Kurnia dari 46 objek wisata di Ciamis yang ada pengelolanya, selama seminggu ini ada dua objek wisaya yang ditutup guna mengantisipasi terjadinya penularan Covid-19.

“Yakni Situs Astana Gede Kawali dan kolam renang Tirta Winaya. Tapi hari ini (Sabtu, 22/5)  sudah dibuka kembali untuk kunjungan wisatawan,” ujar Budi Kurnia. (tribunjabar/andri m dani) 

 

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved