Geyser Cisolok Punya Banyak Khasiat untuk Kesehatan, Hanya Ada Dua di Dunia, Satu Lagi di Brazil

"Kalau saya percayanya ini bisa hilangkan gatal-gatal, ditambah aliran sungainya juga jernih,"

Tribun Jabar/Rizal Jalaludin
Wisatawan lokal berendam di pemandian air panas Geyser Cisolok di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi 

WISATA pemandian air panas Geyser Cisolok di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, menjadi salah satu destinasi wisata langka.

Pasalnya, kawasan wisata yang masuk dalam Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG) ini hanya ada dua di dunia.

Hal itu diungkapkan Penjabat Sekda Kabupaten Sukabumi, Barnas Adjidin.

"Yang pertama apa yang kita lihat ini luar biasa, apalagi geyser Cisolok yang katanya di dunia hanya ada dua, di sini dan di Brazil," kata Barnas, beberapa waktu lalu.

Wisata pemandian air panas Geyser Cisolok di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi,
Wisata pemandian air panas Geyser Cisolok di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, (Tribun Jabar/Rizal Jalaludin)

Menurutnya, potensi wisata ini sangat luar biasa. Kendati demikian pemerintah harus menjaga kelangsungan tempat wisata ini.

"Ini potensi wisata yang luar biasa karena memiliki keanehan. Yang bisa Kita lihat menyembur lalu juga menimbulkan panas. Oleh karena itu pemerintah baik pusat, provinsi maupun kabupaten harus menjaga kelangsungan daripada geyser ini," katanya.

Baca juga: Dari Bukit Sagara Keindahan Teluk Palabuhanratu Memesona, Wisatawan Juga Bisa Menikmati Durian

Para pengunjung yang datang mempercayai sejumlah khasiat yang ada di pemandian air panas ini.

Siti Rahma (27), pengunjung asal Palabuhanratu mempercayai pemandian air panas Geyser Cisolok ini dapat menghilangkan gatal-gatal.

Wisata pemandian air panas Geyser Cisolok di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi,
Wisata pemandian air panas Geyser Cisolok di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, (Tribun Jabar/Rizal Jalaludin)

"Kalau saya percayanya ini bisa hilangkan gatal-gatal, ditambah aliran sungainya juga jernih," kata Rahma, Jumat (21/5/2021).

Selain dapat menikmati air panas di aliran sungai. Wisatawan juga bisa berendam air panas ini di kolam.

Baca juga: Terbang dengan Paralayang dari Gunung Haneuleum, Sukabumi, Hati Plong Beban Hidup Lepas

Pengunjung lain, Fahru (30) mempercayai berendam di pemandian air panas Geyser Cisolok ini dapat menangkal virus Covid-19.

Ia percaya virus-virus bisa hilang setelah berendam di sana.

Wisatawan lokal mandi air panas di sungai objek wisata Geyser Cisolok, Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi,
Wisatawan lokal mandi air panas di sungai objek wisata Geyser Cisolok, Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, (Tribun Jabar/Rizal Jalaludin)

"Percaya gak percaya, saya meyakini mudah-mudahan dengan berendam di sini bisa menangkal virus, salahsatunya yang sekarang mewabah Covid-19," ucapnya.

Tak hanya bisa menikmati sejumlah khasiat, wisatawan juga bisa merebus telur hingga matang di pemandian air panas ini.

Baca juga: Tempat Parkir di Objek Wisata Air Panas Mekar Asih Ambles Sukabumi, Wisatawan Mengeluh

Cukup simpan telur yang sudah dibungkus plastik di dekat lubang semburan air panas. Tunggu beberapa menit telur yang di simpan bisa matang dan bisa dikonsumsi.

Gazebo tempat istirahat di pemandian air panas Geyser Cisolok di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi,
Gazebo tempat istirahat di pemandian air panas Geyser Cisolok di Desa Wangunsari, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, (Tribun Jabar/Rizal Jalaludin)

Tak hanya bisa merebus telur, jika beruntung pengunjung juga bisa menyaksikan langsung munculnya pelangi di Gyeser Cisolok.

Sekedar informasi, untuk sampai ke pemandian air panas ini, dari pusat kota Palabuhanratu menempuh jarak sekitar 15 kilometer, dengan waktu tempuh sekitar 25 menit. (tribun jabar/m rizal jalaludin)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved