Kabupaten Subang Akan Kembangkan 15 Desa Menjadi Desa Wisata, Ini Daftar Desanya

"Potensinya terbagi tiga zona, yaitu, zona selatan, zona tengah, dan zona utara".

Tribun Jabar/Irvan Maulana
Taman anggur O&I Farm Pagaden Barat Kabupaten Subang, 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Subang berencana kembangkan 15 dari 253 desa menjadi wilayah khusus sektor pariwisata.

Dari 15 desa tersebut, diantaranya delapan desa merupakan embrio desa wisata dan tujuh desa lainnya adalah desa wisata berkembang.

Bupati Subang, Ruhimat, menjelaskan, Pemkab sudah membahas konsep desa wisata tersebut di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Potensinya terbagi tiga zona, yaitu, zona selatan, zona tengah, dan zona utara. Kalau zona selatan meliputi kawasan wisata alam, pemberdayaan masyarakat, dan KSPN Jawa Barat. Zona tengah meliputi wisata buatan dan kawasan wisata budaya. Sedangkan zona utara, adalah wisata konservasi, wisata bahari dan kawasan Pelabuhan Patimban," kata  Ruhimat kepada awak media ketika ditemui di Kantor Bupati Subang, Kamis (20/5/2021).

Bupati Subang, H Ruhimat saat beraudiensi di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Keratif di Jakarta, Rabu (20/5/2021)
Bupati Subang, H Ruhimat saat beraudiensi di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Keratif di Jakarta, Rabu (20/5/2021) (istimewa)

Ia mengatakan,  Kabupaten Subang terletak dalam lokasi strategis.

 "Kami termasuk dalam segitiga rebana, yang wilayahnya meliputi Cirebon, Patimban Subang, dan Kertajati di Majalengka," kata dia.

Subang  memiliki kegiatan kawasan ekonomi khusus industri yang ditunjang dengan Pelabuhan Patimban, Bandara Kertajati di Majalengka, dan jalan tol Cipali.

Baca juga: Taman Anggur O&I Farm di Pagaden Subang, Jadi Favorit Pengunjung Milenial, Tempatnya Amazing

Oleh karena itu, kata Ruhimat, ia optimistis sektor wisata bisa berkembang dengan pesat, sebab, sektor ini berperan penting sebagai pendorong berkembangnya Kawasan Segitiga Rebana berupa perencanaan pembangunan 10 kawasan perusahaan potensial berskala Internasional.

Ke-15 desa wisata tersebut adalah:

1. Kecamatan Ciater yakni Desa Cibeusi, Desa Sanca dan Desa Cisaat

2. Kecamatan Jalancagak meliputi Desa Bunihayu

3. Kecamatan Kasomalang, meliputi Desa Pasanggrahan dan Desa Kasomalang Kulon.

4. Kecamatan Tanjungsiang, yai tuDesa Cibuluh, Desa Buniara, Desa Kawungluwuk, dan Desa Tanjungsiang.

5. Kecamatan Cisalak, meliputi Desa Cisalak, Desa Sukakerti, Desa Cimanggu, dan Desa Cipunagara.

6. Kecamatan Cijambe, yaitu Desa Cirangkong.

Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (kiri) menerima suvenir dari Bupati Subang, H Ruhimat di Kantor Kemenparekraf, Jakarta, Rabu (20/5/2021)
Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno (kiri) menerima suvenir dari Bupati Subang, H Ruhimat di Kantor Kemenparekraf, Jakarta, Rabu (20/5/2021) (istimewa)

"Saat ini pemerintah daerah sedang dalam tahap mengembangkan kawasan wisata, khususnya di zona Subang selatan. Salah satunya penyediaan sarana insfrastruktur berupa aksesibilitas dan amenitas," ujarnya.

Baca juga: Segar dan Nikmatnya Kopi Nanas Subang, Minuman Penghilang Dahaga

Tak hanya itu, pihaknya juga sedang menggarap peningkatan kemampuan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat di zona wisata,

"Kami juga secara intensif mengadakan berbagai pelatihan peningkatan skill para pelaku ekonomi kreatif serta pengembangan SDM di sektor pariwisata," katanya. (tribunjabar/irvan maulana)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved