Tiga Kabupaten di Jabar Menutup Sementara Objek Wisata pada Libur Lebaran Ini untuk Cegah Covid-19

"Jangan sampai ada pergerakan atau pergeseran zona, dari zona kuning ke merah,"

Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin
Kepala Dinas Pariwisata Jabar, Dedi Taufik dan Bupati Bandung, Dadang Supriatna, saat inspeksi bersama Forkopimda Kabupaten Bandung di pemandian air panas Ciwalini, Rancabali, Minggu (16/5/2021) 

TEMPAT wisata di Jawa Barat yang ditutup sementara pada libur lebaran kali ini ada di Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Sukabumi, dan Kabupaten Bandung.

Kepala Dinas Pariwisata Jawa Barat, Dedi Taufik, mengungkapkan, tempat wisata yang ditutup sementara, di Pangandaran adalah Pantai Batukaras.

"Sukabumi di Pelabuhan Ratu, dan sekarang di Kabupaten Bandung, yakni Pasirjambu, Ciwidey, dan Rancabali ditutup sementara sembari kami evaluasi," ujar Dedi, saat melakukan sidak ke Pemandian Air Panas Ciwalini, di Rancabali, Kabupaten Bandung, Minggu (16/5/2021).

Polisi dan TNI menutup sementara jalur ke Pantai Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (15/5/2021) malam
Polisi dan TNI menutup sementara jalur ke Pantai Citepus, Desa Citepus, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (15/5/2021) malam (Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin)

Dedi mengatakan, untuk tempat wisata yang pasti protokol kesehatan dan kapasitas pengunjung yang harus dijaga.

"Jangan sampai ada pergerakan atau pergeseran zona, dari zona kuning ke merah," kata Dedi.

Baca juga: Pengunjung yang Masuk ke Objek Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya Diatur Secara Bergantian

Dedi mrngatakan, untuk mengantisipasinya, diawali dengan penyekatan yang dilakukan Kapolres, di beberapa titik. 

"Memang Kabupaten Bandung ini menjadi tujuan wisata, kami akan segera lakukan zoom meeting kepada daerah yang ada lokasi wisata. Kami akan lakukan penekanan edukasi prokesnya, kalau sekarang sudah ada ketegasan dari Pak Bupati, apabila melanggar prokes itu akan segera ditutup," ujarnya.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau titik-titik penyekatan dan destinasi wisata di Kabupaten Pangandaran, Minggu (16/5/2021)
Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum saat meninjau titik-titik penyekatan dan destinasi wisata di Kabupaten Pangandaran, Minggu (16/5/2021) (istimewa)

Dedi menegaskan, yang penting prokesnya dijaga, jangan sampai apa klaster baru. 

"Kemudian kami lakukan early warning, melakukan rapid antigen secara acak, seperti di Kawah Putih kami sudah lakukan," kata dia.

Untuk pengelola wisata yang bandel, kata Dedi, untuk sementara ada tahapan sanksi.

Polisi menutup pertigaan Kamasan Banjaran-Soreang untuk mencegah wisatawan datang ke kawasan wisata di Kecamatan Pangalengan, Minggu (16/5/2021)
Polisi menutup pertigaan Kamasan Banjaran-Soreang untuk mencegah wisatawan datang ke kawasan wisata di Kecamatan Pangalengan, Minggu (16/5/2021) (Tribun Jabar/Mega Nugraha)

"Kami sekarag lakukan sidak, sanksi teguran tertulis, kalau tidak mengindahkan, maka kami lakukan penutupan," ucapnya. (tribunjabar/lutfi ahmad mauludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved