Situs Buyut Banjar Indramayu Ramai Dikunjungi Wisatawan Lokal, Tiket Masuknya Gratis

"Kasihan anak ngajak liburan karena gak mudik, ya sudah diajak ke sini. Kalau rumah saya dekat di belakang"

Tribun Cirebon/Handhika Rahman
Wisatawan lokal bermain di Situs Buyut Banjar di Desa Bulak, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jumat (14/5/2021). 

OBJEK wisata di Situs Buyut Banjar kembali ramai dikunjungi pelancong pada momen libur Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah.

Lokasi wisata yang berada di Desa Bulak, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu ini memang menjadi lokasi favorit masyarakat setiap libur lebaran tiba setiap tahunnya.

Menurut pantauan Tribuncirebon.com di lokasi, meski ramai, tidak terjadi lonjakan pengunjung seperti pada momen libur lebaran di tahun-tahun sebelum pandemi Covid-19.

Wisatawan lokal bermain dan belanja di Situs Buyut Banjar di Desa Bulak, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jumat (14/5/2021).
Wisatawan lokal bermain dan belanja di Situs Buyut Banjar di Desa Bulak, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jumat (14/5/2021). (Tribun Cirebon/Handhika Rahman)

Agar tetap dikunjungi wisatawan, pengelola tempat wisata pada tahun ini tidak memberlakukan tiket masuk.  Wisatawan cukup datang dan hanya membayar parkir Rp 4.000 per kendaraan.

Di sana tersedia banyak wahana bermain anak, mulai dari komedi putar, perahu kora-kora, trampolin, kincir angin, dan lain sebagainya.

Baca juga: Burung Hantu Sekilas Tampak Seram Namun Ternyata Lucu, Penangkarannya Ada di Indramayu

Selain itu, terdapat pula beragam aneka jajanan yang dijajakan di lokasi yang bersampingan dengan tempat pemakaman umum (TPU) tersebut.

"Setiap tahun suka ke sini, ngajak keluarga, saudara, karena ekonomis," ujar Mang Nono (38) pengunjung asal Desa Tugu, Kecamatan Sliyeg, Kabupaten Indramayu.

Wisatawan lokal belanja di Situs Buyut Banjar di Desa Bulak, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jumat (14/5/2021).
Wisatawan lokal belanja di Situs Buyut Banjar di Desa Bulak, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jumat (14/5/2021). (Tribun Cirebon/Handhika Rahman)

Di Situs Buyut Banjar, Mang Nono mengajak istri dan anak berlibur sebagai pengganti tidak mudik lebaran. Ia merupakan warga asli Kabupaten Indramayu.

"Alhamdulillah gak mudik, saya memang asli Indramayu," ucapnya.

Pengunjung lainnya, Siti (46) mengaku berlibur untuk menemani anak berlibur.

Ia bersama dua anaknya ingin melihat kera atau monyet yang terdapat di Situs Buyut Banjar.

Wisatawan lokal bermain dan belanja di Situs Buyut Banjar di Desa Bulak, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jumat (14/5/2021).
Wisatawan lokal bermain dan belanja di Situs Buyut Banjar di Desa Bulak, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jumat (14/5/2021). (Tribun Cirebon/Handhika Rahman)

Siti mengaku memanfaatkan liburan tahun ini karena tidak bisa mudik ke Brebes, Jawa Tengah.

"Kasihan anak ngajak liburan karena gak mudik, ya sudah diajak ke sini. Kalau rumah saya dekat di belakang," ujarnya. (tribuncirebon/handika rahman)

Sumber: Tribun Cirebon

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved