Ratusan Pendaki Pilih Jalur Pendakian Apuy di Majalengka untuk Mendaki Gunung Ciremai

"Ya alhamdulilah, kuota per harinya 227  orang, hari ini full. Baru terjadi sejak pandemi"

Tribun Cirebon/Eki Yulianto
Jalur pendakian ke Gunung Ciremai via Apuy, Majalengka, diminati pendaki, Sabtu (15/5/2021). 

JALUR pendakian menuju Gunung Ciremai via Apuy di Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka diminati pendaki. Saking tingginya peminati, jatah kuota per harinya penuh, termasuk pada Sabtu (15/5/2021).

Pengelola jalur pendakian Apuy, Toib Arga bersyukur pada masa libur lebaran kali ini, kuota langsung full.

Padahal, pada masa pandemi yang kurang lebih sudah terjadi sejak dua tahun terakhir, hal itu belum pernah terjadi.

Seorang pendaki diperiksa tekanan darahnya sebelum melakukan pendakian ke Gunung Ciremai via Apuy, Majalengka, Sabtu (15/5/2021)
Seorang pendaki diperiksa tekanan darahnya sebelum melakukan pendakian ke Gunung Ciremai via Apuy, Majalengka, Sabtu (15/5/2021) (Tribun Cirebon/Eki Yulianto)

"Ya alhamdulilah, kuota per harinya 227  orang, hari ini full. Baru terjadi sejak pandemi," ujar Toib saat ditemui di lokasi, Sabtu (15/5/2021).

Ia mengatakan, jumlah tersebut merupakan kapasitas setengah dari jumlah maksimal. Bahkan, sebelum masa pandemi Covid-19, jumlahnya selalu ribuan.

Baca juga: Objek Wisata Terasering Panyaweuyan Majalengka Masih Belum Banyak Dikunjungi Wisatawan

"Terakhir yang paling membludak itu tahun 2016. Setiap harinya ribuan orang yang datang untuk mendaki," ucapnya.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, para pendaki harus mendaftar terlebih dahulu melalui online untuk bisa menjelajahi Gunung Ciremai.

Salah satu persyaratannya, yakni memiliki surat kesehatan bebas Covid-19.

Jalur pendakian ke Gunung Ciremai via Apuy, Majalengka, diminati pendaki, Sabtu (15/5/2021)
Jalur pendakian ke Gunung Ciremai via Apuy, Majalengka, diminati pendaki, Sabtu (15/5/2021) (Tribun Cirebon/Eki Yulianto)

"Ketika pendaki datang ke pos pendaftaran, kami petugas juga mengecek kondisi yang bersangkutan lagi. Ini demi kesehatan bersama dan saat pendaki turun lagi tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," jelas dia.

Ia pun menyatakan, kondisi seperti ini menjadi sinyal baik bagi para pengelola jalur pendakian. Meski, masih di tengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Makan Sepuasnya Rp 10 Ribu di Kedai Kaki Gunung Ciremai, Menu Khas Sunda Plus Sayur Lodeh

"Setidaknya kami bisa mendapatkan apa yang memang seharusnya didapat, kemarin-kemarin ditutup kami bingung menggaji para karyawan kami," katanya.

Untuk jalur pendakian Gunung Ciremai via Majalengka hanya dapat dilalui di jalur pendakian Apuy. Sementara di Kuningan, ada tiga jalur pendakian, yaitu Linggajati, Linggasana, dan Palutungan. (tribuncirebon/eki yulianto)

Sumber: Tribun Cirebon

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved