Pengunjung Pantai Batukaras Membeludak dan Padat, Pemkab Pangandaran Langsung Menutup Pantai

"Penutupan tempat wisata Batukaras dimulai pukul 00.00  sekarang, sampai dengan waktu yang belum ditentukan"

istimewa
Tangkapan layar video yang menayangkan begitu banyak dan padatnya wisatawan di Pantai Batu Karas, Kabupaten Pangandaran, Sabtu (15/5/2021) 

PEMERINTAH Kabupaten Pangandaran memutuskan untuk menutup tempat wisata Pantai Batukaras di Kabupaten Pangandaran   hingga waktu yang belum ditentukan.

Langkah ini merupakan respons pemerintah Kabupaten Pangandaran terhadap membeludaknya pengunjung tanpa protokol kesehatan.

Keputusan ini diambil hasil rapat koordinasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat dan dan Disparbud Kabupaten Pangandaran.

Wisatawan diputarbalik petugas gabungan di Bundaran Emplak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Sabut (15/5/2021)
Wisatawan diputarbalik petugas gabungan di Bundaran Emplak, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Sabut (15/5/2021) (Tribun Jabar/Padna)

 "Penutupan tempat wisata Batukaras dimulai pukul 00.00  sekarang, sampai dengan waktu yang belum ditentukan. Ini hasil rapat koordinasi dengan Disparbud Kabupaten Pangandaran," ucap Kepala Disparbud Jabar, Dedi Taufik via ponsel, Sabtu (15/5/2021).

Dalam rapat tersebut pun, katanya, sudah diputuskan akan dilakukan penyekatan tambahan di kawasan Kalipucang dan Gerbang Pangandaran secara ketat. Hal ini sekaligus untuk mengontrol kedatangan wisatawan.

Baca juga: Anggota Balawista Pangandaran Harus Bersertifikasi Nasional Demi Kenyamanan Wisatawan

Upaya lainnya adalah mengadakan tes Covid-19 antigen di sejumlah destinasi wisata yang menjadi tujuan wisatawan. Menurut dia, hasil laporan dan pantauan di sejumlah tempat pariwisata, khusunya di Pantai Batukaras terjadi peningkatan kunjungan secara signifikan.

Bahkan, tak sedikit pengunjung abaikan dengan protokol kesehatan. Banyak yang tidak mengenakan masker. Petugas gabungan pun membubarkan pengunjung pantai tersebut.

Baca juga: Bakso Pak Pardi Ini Jadi Incaran Warga dan Wisatawan di Blok Pasar Wisata Pananjung Pangandaran

Kabag Humas Setda Kabupaten Pangandaran, Agus Supriatna membenarkan bahwa objek wisata pantai Batu Karas Kabupaten Pangandaran akan ditutup sementara.

Suasana Pantai Batukaras di Kabupaten Pangandaran sebelum ada pandemi Covid-19
Suasana Pantai Batukaras di Kabupaten Pangandaran sebelum ada pandemi Covid-19 (Tribunnews)

"Batu karas akan ditutup mulai pukul 00:00 dini hari (16/5/2021) hingga waktu yang belum ditentukan."

"Alasan ditutup, karena terkait protokol kesehatan. Harusnya, meskipun membludak protokol kesehatan tetap dipakai," ujar Agus .

Baca juga: Pantai Palatar Agung Akan Menjadi Objek Wisata Baru yang Terintegrasi di Kabupaten Pangandaran

Besok hari Minggu (16/5/2021), lanjut Agus, seluruh Objek Wisata akan dilakukan evaluasi, khususnya Objek Wisata Batu Karas.  (tribunjabar/padna/syarif abdussalam)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved