Segar dan Nikmatnya Kopi Nanas Subang, Minuman Penghilang Dahaga

"Kalau kopi biasa kan manis nya biasa, mungkin ada gurihnya di krimer, tapi ini khas gitu, selain aroma nanas dan kopi yang tambah nikmat"

Tribun Jabar/Irvan Maulana
Kopi Nanas 

SUBANG memang pantas dijuluki kota nanas pasalnya banyak olahan kuliner berbahan dasar nanas yang bercita rasa khas.

Selain dapat diolah menjadi selai dan panekuk, ternyata kopi nanas juga ada di Subang. Sajian kopi yang diadopsi dari kearifan lokal tersebut ternyata memiliki rasa unik dan menggugah selera. Karena keunikannya kopi tersebut dijuluki sebagai ratunya kopi di Subang.

Kopi nanas tersebut diracik oleh seorang pemilik kedai kopi di Jalan Pulau Timor Kabupaten Subang, Yani Agustiani sang peracik kopi tersebut mengatakan, ide dasar peracikan kopi tersebut berawal dari kecintaannya terhadap hasil produk kearifan lokal Subang.

kopi nanas Subang
kopi nanas Subang (Tribun Jabar/Irvan Maulana)

"Bahan dasarnya sih sama seperti pembuatan kopi lain, dari biji kopi, susu dan krimer, dan rasanya sendiri saya tambahkan sirup nanas, jadi buah nanasnya dibuat sirup dulu," ujar Yani ketika disowani Tribun di kedai Kabut Mican, belum lama ini.

Dikatakan Yani, produk kopi nanas tersebut terbilang populer di kedainya, "Tapi banyak juga pemesannya katanya sih unik dan enak, cita rasa nanasnya juga lebih menonjol," katanya.

Baca juga: Di Rest Area Rosin Tersedia Aneka Oleh-oleh Khas Subang Produksi UMKM

Secara terpisah, Mega Rahmawati (21) warga Sukamelang Kabupaten Subang, pengunjung kedai kopi Kabut Mican juga mengungkap, rasa kopi nanas jadi salah satu menu yang nikmat jika disantap sebagi menu berbuka puasa,

"Rasaya enak, apalagi pas buka puasa begini, manis dan asem nya bikin seger," kata Mega.

kopi nanas
kopi nanas (Tribun Jabar/Irvan Maulana)

"Kalau kopi biasa kan manis nya biasa, mungkin ada gurihnya di krimer, tapi ini khas gitu, selain aroma nanas dan kopi yang tambah nikmat, rasa asemnya juga beda lah, ini recomended banget buat menu penghilang dahaga," ucapnya.

Mega yang saat itu bersama rekannya berbuka di kedai tersebut juga memesan menu yang sama, "Kami semua pesen kopi nanas ini soalnya di tempat lain gak ada, jadi enaknya disini suasana juga adem gitu," kata dia.

Baca juga: Aura Jelita Hangatkan Suasana Ngopi di Tempat Kumpul Para Milenial di Pasirkareumbi, Subang 

Kedai mican memang dikenal dengan kedai yang menyajikan banyak menu istimewa, selain itu dekorasi kedai yang terkesan feminim juga mengundang banyak para gadis untuk nongkrong di kedai tersebut.

"Selain bisa makan nongkrong disini juga bisa nambahin galeri Instagram, kami bisa puasin selfie karena banyak spot bagus disini, sekarang juga sama temen-temen alunmi SMA dulu," ujar Mega.

Mega Rahmawati  mencicipi Kopi Nanas di kedai Mican Jalan Pulau Timor Kabupaten Subang
Mega Rahmawati mencicipi Kopi Nanas di kedai Mican Jalan Pulau Timor Kabupaten Subang (Tribun Jabar/Irvan Maulana)

Mega, yang juga merupakan seorang traveler, selain sering berkunjung ke banyak tempat, ia juga sering mencicipi kuliner di berbagai daerah yang ia kunjungi.

Baca juga: Olahan Ikan Bandeng Tanpa Duri yang Banyak Digemari Warga Subang

"Saya sering juga kalau lagi traveling kemanapun, saya sempatkan makan menu yang khas di daerah itu, misalnya main ke Bandung saya beli makanan khasnya, Kopi ini juga termasuk makanan khas di Subang." katanya. (tribunjabar/irvan maulana)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved