Keju Edamer Jadi Incaran Ibu-ibu untuk Bahan Membuat Kue Lebaran, Harganya Tembus Rp 1 Juta Per Kg

"Tahun ini keju edam lagi susah, karena pandemi jarang orang yang mau nyetok karena takut,

Tribun Jabar/Shania Septiana
keju edamer 

TANPA terasa Hari Raya Idulfitri tinggal dua minggu lagi. Suasana Lebaran pun mulai terasa di mana-mana. Berbagai persiapan mulai dilakukan untuk merayakan Hari Kemenangan Umat Islam tersebut.

Lebaran menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul dan berkunjung ke sanak saudara atau tetangga. Momen yang indah ini pun tak luput dari kehadiran kue lebaran. Siapa yang tidak mengenal kue kering lebaran? Kue khas yang satu ini menjadi hidangan wajib di banyak rumah warga.

Tamu yang datang akan disambut dengan aneka kue lebaran yang nikmat. Bentuk dan rasa kue lebaran pun sangat beragam.  Sekarang ini banyak kue lebaran unik yang bermunculan.  Tampilan kue lebaran yang unik mampu memikat setiap penikmatnya.

keju edamer
keju edamer (Tribun Jabar/Shania Septiana)

Dengan beragam rasa dan bahan tentunya bisa menjadikan kue kering lebih lezat. Salah satu bahan yang paling banyak digunakan sebagai pelengkap adonan kue kering adalah keju edamer atrau sering disebut edam.

Keju yang berasal dari Belanda ini mampu menciptakan rasa gurih dan wangi bagi adonan kue yang dibuat.

Keju edamer banyak dijual di supermarket ataupun di toko-toko bahan kue. Namun seiring menjelang Lebaran, keju edam pun di Bandung menjadi barang langka dan harganya sangat mahal.

Baca juga: Nachos Gurih Berpadu Pedas dengan Sentuhan Keju Mozarella Jadi Andalan di Kafe Ala Meksiko Ini

Satu toko bahan kue di Kota Bandung yakni Kurnia Mas di Jalan Cihapit pun hanya menyediakan sedikit stok keju edam. Lili sang pemilik toko mengatakan biasanya 3-4 bulan sebelum Ramadan orang sudah berbondong-bondong membeli keju edam.

"Tahun ini keju edam lagi susah, karena pandemi jarang orang yang mau nyetok karena takut, biasanya 3-4 bulan sebelum puasa orang-orang udah mulai belanja bahan-bahan termasuk keju edam, tapi sekarang kosang," ujarnya saat ditemui, Jumat (30/4).

Baca juga: Gurihnya Daging Ayam dalam Balutan Keju Mozarella, Jadi Favorit Anak Muda, Harga Terjangkau

Mulanya, dia tidak menyangka kekosongan keju edamer ini akan berlangsung lama sehingga dia menjual seluruh stok keju edam yang dimilikinya. Dari awal puasa udah susah nyari, tapi karena saya ada stok banyak jadi saya jual, kirain bakal normal lagi, ternyata sampai sekarang tetap susah dicari," katanya.

Toko Kurnia Mas di Jalan Cihapit Bandung yang menjual bahan-bahan dan peralatan kue
Toko Kurnia Mas di Jalan Cihapit Bandung yang menjual bahan-bahan dan peralatan kue (Tribun Jabar/Shania Septiana)

Dengan kisaran harga normal Rp 200-Rp 250 ribu per kilogram, sekarang harga keju edamer bisa mencapai Rp 1 juta per kilogram.

"Katanya di Kosambi ada yang jual Rp 400 ribu sekilo, di online malah sampai Rp 1 juta. Padahal bukan barang spesial, itu mah umum tapi karena semua serentak mau pakai terus impor. Lama harus karantina dulu, jadi tersendat, kita juga jual tapi dengan harga normal Rp 30 ribu per 100 gram, tapi kita dahulukan pelanggan," katanya. (tribunjabar/shania septiana)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved