Sabar Menunggu Antrean untuk Membeli Es Kelapa Muda Si Madu di Jalan Tamansari

"Nah karena hadirnya dia (menunjuk lebah-lebah di sekitar kios), nama es kelapa ini disebut Si Madu"

Editor: Adityas Annas Azhari
Tribun Jabar/Kemal Setia Permana
Penjual mempersiapkan es kelapa muda Si Madu di Jalan Tamansari, Bandung 

 JIKA kebetulan sedang berada di kawasan Tamansari atas, Dago, setelah bekerja atau ngabuburit, maka jangan lewatkan untuk mampir ke Si Madu.

Si Madu adalah sebuah nama minuman es kelapa yang ada di kawasan Tamansari, letaknya persis di trotoar dekat Kebun Binatang Bandung, berdekatan dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Jabar atau seberang Kantor Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Bandung.

Kios es kelapa muda Si Madu selalu dipenuhi konsumen yang ingin membeli es kelapa khas ala Si Madu. Bahkan dibutuhkan kesabaran untuk rela menunggu antrean yang kadang- kadang bisa memanjang ke belakang.

Si Madu memang menjadi salah satu pilihan warga yang mendambakan minuman segar, manis dan mengenyangkan perut untuk berbuka di Bulan Ramadan ini.

Segelas es kelapa muda Si Madu di Jalan Tamansari, Bandung
Segelas es kelapa muda Si Madu di Jalan Tamansari, Bandung (istimewa)

Menurut Kusnadi (50), pemilik kios Si Madu, konsumen yang datang ke kiosnya mengalami lonjakan drastis pada bulan puasa ini. jika biasanya penjualan di hari biasa mencapai sekitar 400-500 porsi, maka di bulan puasa ini melonjak hingga 800-900 bungkus atau gelas per hari.

"Padahal ini masih pandemi, jika di hari biasa sebelum ada pandemi bisa lebih dari 1.000 porsi per hari, sekarang rata-rata sampai 900ab porsi per hari," kata Kusnadi ditemui di kiosnya, Jalan Tamansari,  pekan lalu.

Baca juga: Meneguk Segar dan Sehatnya Joozbar, Jus Alami dari Buah-Buahan Tanpa Tambahan Air dan Gula

Belum lagi, penjualan 900-an porsi itu terjadi menjelang waktu berbuka, selebihnya dicatat melalui pemesanan-pemesanan yang dilakukan sebelumnya oleh berbagai pihak sebanyak puluhan bungkus, baik perorangan, kelompok maupun dari instansi perkantoran.

Pesanan itu dikerjakan dengan apik dan cermat oleh Kusnadi bersama tiga karyawannya. satu porsi minuman bisa dibuatbrata-rata hanya hitungan menit, kurang dari lima menit.

Banyaknya konsumen yang tertarik dan menjadi pelanggan tetap Si Madu tak terlepas dari cita rasa dan aroma Si Madu yang menggoda dan khas.

Baca juga: Segarnya Ice Lychee Yakult di Teduh Coffee yang Bikin Haus Sirna Seketika

Salah satu ciri khas dari rasa Si Madu adalah hadirnya campuran madu dalam olahan es kelapa yang disajikan. Uniknya, di sekitar kios, terutama di tempat dimana terdapat madu, selalu ada lebah-lebah madu yang selalu hadir berkumpul beterbangan. Lebah-lebah itu berukuran kecil dan tidak membahayakan bagi konsumen di sekitarnya.

"Nah karena hadirnya dia (menunjuk lebah-lebah di sekitar kios), nama es kelapa ini disebut Si Madu," ujar Kusnadi.

Es kelapa muda Si Madu di tepi Jalan Tamansari, Bandung
Es kelapa muda Si Madu di tepi Jalan Tamansari, Bandung (Tribun Jabar/Kemal Setia Permana)

Menurut Kusnadi, Si Madu sudah hadir si Tamansari sejak 2001. Di awal-awal kehadirannya, seperti biasa, tidak terlalu banyak orangbyang tahu kelezatan es kelapa Si Madu. namun seiring waktu dan pengalaman, kegurihan es kelapa Si Madu menjadi terkenal, terutama di kalangan mahasiswa sekitar Tamansari

"Ada beberapa orang luar (wisatawan mancanegara)  yang sengaja borong Si Madu ke negara asalnya," ujar warga Tasikmalaya ini.

Baca juga: Es Shanghai di Cianjur Ada Kismisnya, Rasanya Manis Menyegarkan, Cocok untuk Buka Puasa

Salah seorang pelanggan tetap Si Madu, Ira Kusmayati (37), mengatakan, sudah bertahun-tahun dia menjadi pelanggan Si Madu. Ini tak terlepas dari rasa es kelapa Si Madu yang lebih lezat dan gurih.

"Apalagi bulan puasa, saya sering beli es kelapa Si Madu ini. Sudah lebih dari lima kali sejak awal puasa saya sengaja ke sini, beli es kelapa buat buka puasa, soalnya segar si tenggorokan," ujar  warga Bojongloa ini. (tribun jabar/kemal setia permana)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved