"Pocong" Pun Tidak Mudik, Hibur Warga di Alun-Alun Ciamis sambil Ngabuburit

“Yang  berminat tidak perlu bayar. Tinggal ambil. Pasar gratis ini merupakan bentuk solusi kepedulian warga terhadap warga lain"

Editor: Adityas Annas Azhari
Tribun Jabar/Andri M Dani
"Pocong" mengingatkan warga Ciamis untuk tidak mudik dalam aksi teatrikal di Alun-alun Ciamis, Rabu (28/4/2021) 

AKTIVIS  dari berbagai komunitas yang tergabung dalam ”Aliansi Tanpa Nama” punya cara tersendiri dalam menyosialisasikan larangan mudik dan mengedukasi warga tentang protokol kesehatan.

Mereka menghadirkan  dua orang berkostum “pocong” di tengah keramaian warga yang sedang ngabuburit di Alun-Alun Ciamis, Kabupaten Ciamis, Rabu (28/4).

Juga ada Si Joy, seekor anjing pintar yang selalu pakai kaca mata, helm, dan masker yang selama masa pandemi sering tampil sebagai duta edukasi prokes.

Joy hadir bersama pelatihnya, Aril, yang memakai kostum pocong.

Dua
Dua "pocong" menggelar aksi teatrikal di Alun-alun Ciamis mengimbau warga untuk tidak mudik (Tribun Jabar/Andri M Dani)

Aksi sosialisasi larangan mudik tersebut diramaikan dengan digelarnya Pasar Gratis,  pasar dari raktyat untuk rakyat. Sejumlah barang dijual di Pasar Gratis di antaranya masker, buku bekas, baju bekas, hingga makanan untuk takjil.

“Yang  berminat tidak perlu bayar. Tinggal ambil. Pasar gratis ini merupakan bentuk solusi kepedulian warga terhadap warga lain di tengah dampak masa pandemi,” kata Irman M Asmara, seorang penggiat Pasar Gratis.

Baca juga: Warga Ciamis Bisa Ngabuburit di Bulan Ramadan dengan Naik Bus Gatrik Keliling Tempat Bersejarah

Kegiatan Pasar Gratis, kata Irman, berlangsung beberapa bulan selama masa pandemi, di Cisaga. “Di Alun-alun Ciamis baru  kali ini,” kata Irman kepada Tribun Jabar.

Tak hanya sejumlah komiditi yang dijual di Pasar Gratis, keberadaan dua orang berkostum pocong lengkap dengan seekor anjing, Si Joy, menarik warga yang sedang ngabuburit d Alun-Alun Ciamis.

Dua pocong turun ke Alun-Alun Ciamis untuk mengingatkan masyarakat untuk tidak mudik, Rabu (28/4/2021) sore .
Dua pocong turun ke Alun-Alun Ciamis untuk mengingatkan masyarakat untuk tidak mudik, Rabu (28/4/2021) sore . (Tribun Jabar/Andri M Dani)

Keberadaan dua pocong yang berdarah-darah tersebut tidak bikin takut. Anak-anak yang sedang ngabuburit justru malah mendekat kepada dua pocong tersebut.

Baca juga: Sensasi Bermain Kayak di Situ Lengkong Panjalu Ciamis, Olahraga Rekreasi di Keindahan Alam

Mengikuti anjuran pemerintah untuk tidak mudik Lebaran tahun ini, dua Pocong di Alun-alun Ciamis pun menyatakan tidak akan mudik. Pocong tidak pulang kampung pada Lebaran tahun ini.

Bahkan tak hanya tidak mudik, Lebaran tahun ini pocong pun tidak piknik ke tempat wisata.

Dua pocong turun ke Alun-Alun Ciamis untuk mengingatkan masyarakat untuk tidak mudik, Rabu (28/4/2021) sore .
Dua pocong turun ke Alun-Alun Ciamis untuk mengingatkan masyarakat untuk tidak mudik, Rabu (28/4/2021) sore . (Tribun Jabar/Andri M Dani)

“Terasa jangggal rasanya kalau mudik dilarang. Sementara tempat wisata, tempat piknik dibuka lebar-lebar untuk kunjungan wisatawan. Padahal katanya untuk menghindari kerumunan, memutus mata rantai penularan Covid-19” ujar Raditia.

Baca juga: Wisata Sedot Madu Trigona di Banjaranyar, Ciamis, Sehat dan Membangkitkan Vitalitas

Sebagai bagian dari edukasi protokol kesehatan, kata Raditia, guna memutus mata rantai penularan Covid-19, dua pocong yang muncul di Alun-alun Ciamis tidak akan mudik dan tidak akan piknik. Pocong-pocong itu akan rumah saja saat Lebaran nanti. (tribun jabar/andri m dani)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved