Menikmati Mocktail Coffee yang Menyegarkan Setelah Berbuka Puasa, Hasil Racikan Irmaroseta

"Minum kopi itu setelah makan nasi jadi lambung tetap aman. Jangan lupa juga rajin minum air mineral kalau sudah minum kopi"

TribunJabar/Putri Puspita
Indonesia Coffee Maker Champion 2018, Irmaroseta, saat meracik mocktail coffee di Herbal House, Bandung 

BAGI sebagian orang jika dalam satu hari tidak minum kopi pasti akan terasa gelisah atau pusing.

Pada Ramadan, ini para penikmat kopi hanya bisa minum kopi saat malam hari saja atau ketika berbuka dan sahur.

Namun sahur sambil minum kopi sebaiknya tidak dilakukan karena akan membuat Anda mudah haus ketika siang hari. Karena itu, beberapa orang pun tetap minum kopi setelah tarawih.

Indonesia Coffee Maker Champion 2018, Irmaroseta sedang meracik kopi
Indonesia Coffee Maker Champion 2018, Irmaroseta sedang meracik kopi (TribunJabar/Putri Puspita)

Indonesia Coffee Maker Champion 2018, Irmaroseta pun membagikan tipnya supaya tetap aman minum kopi saat Ramadan.

"Minum kopi itu setelah makan nasi jadi lambung tetap aman. Lalu jangan lupa juga rajin minum air mineral kalau sudah minum kopi," ujar Irma pada acara Kartini Muda yang Berkarya di Herbal House, Kota Bandung, Rabu (21/4).

Baca juga: Jangan Minum Kopi Luwak Sebelum Melihat Proses Produksi Kopi Luwak Cikole

Irma menambahkan, supaya tetap aman, kurangi asupan gula dalam kopi yang diminum. Ia juga memberikan tip membuat kopi selain kopi susu yang bisa dinikmati di rumah.

"Sekarang kan lagi ramai juga soal kopi mocktail tapi nggak pakai alkohol. Tampilannya lebih cantik dan teknik pembuatannya beda, " ujar Irma.

Untuk pembuatan kopi mocktail ini, Irma menggunakan jenis kopi Arabika supaya semua orang bisa menikmatinya.  Salah satu menu yang bisa dicoba adalah lemon coffee.

Baca juga: Kopi Serbuk dari Biji Kopi yang Didapat dari Tujuh Gunung di Jabar Ini Cocok Sebagai Minuman Diet

Hal utama yang dibutuhkan adalah espresso yang dipadukan dengan lemon peras. "Kalau nggak punya mesin kopi sekarang bisa kok beli espresso-nya saja di coffee shop," ujarnya.

Setelah bahan baku tersebut tersedia, perasan lemon dan kopi ini dikocok menggunakan shaker atau bisa juga menggunakan tumbler minuman dan ditambahkan es batu.

"Supaya aromanya lebih enak, bisa tambahkan rosemary sebagai pelengkap dan tambahan simple syrup supaya tetap manis," ujar Irma.

Untuk memberikan  kesan lebih menarik, Irma mengatakan, pilihlah gelas yang estetik sehingga memberikan kesan lebih mahal. (tribunjabar/putri puspita)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved