Es Shanghai di Cianjur Ada Kismisnya, Rasanya Manis Menyegarkan, Cocok untuk Buka Puasa

"Kalau kata orang tua dulu memang es ini ada sejak penjajahan Jepang.Es ini dibawa oleh kebiasaan orang Jepang"

Tribun Jabar/Ferri Amiril Mukminin
Es Shanghai khas Cianjur 

ES Shanghai dingin dan menyegarkan memang cocok untuk berbuka puasa. Es dengan campuran jeli, nanas, kolang-kaling, cincau, kelapa serut, dan kismis ini pas sebagai pelepas dahaga saat beduk magrib tiba.

sekilas bentuknya hampir sama dengan es campur hanya saja yang membedakan terdapat campuran kismis dalam es shanghai. Sirop warna merah menambah aroma es shanghai makin segar.

Nama es shanghai cukup populer di Cianjur. Tak heran jika musim Ramadan tiba maka es shanghai mudah dijumpai terutama di kawasan kuliner Kota Tauco itu yang selalu menyajikan beragam menu untuk berbuka.

es shanghai
es shanghai (Tribunnews)

"Kismis dan nanas ini yang menjadi pembeda dengan es campur, kalau bulan puasa pasti es shanghai jadi favorit keluarga," ujar Tatang Sutisna (40) seorang warga Sabandar, Kecamatan Karangtengah yang hobi minum es shanghai.

Bulan puasa dalam kondisi musim panas, menjadikan minuman es banyak diburu sebagai menu berbuka puasa. Tak pelak jika es shanghai selalu laris manis banyak dibeli.

"Iya siangnya panas banget, jadi banyak warga yang mencari menu berbuka berbahan es dan buah," kata Tatang.

Baca juga: Uniknya Inovasi Donat, Ada Campuran Es Krim dan Burger

Tatang tak mengetahui detail kenapa minuman bercampur kismis ini diberi nama  Es Shanghai.

"Kalau kata orang tua dulu memang es ini ada sejak penjajahan Jepang. Es ini dibawa oleh kebiasaan orang Jepang yang juga berasal dari Tiongkok," kata Tatang.

Tatang mengatakan, persamaan es Shanghai di Cianjur dan daerah lainnya di Indonesia ini berubah seperti menjadi es teler, es campur, es buah, dan beragam nama daerah lainnya.

Baca juga: Jembatan Cibuni Menjadi Ikon Perbatasan Sukabumi-Cianjur, Warga Banyak Berfoto di Lokasi Jembatan

"Apapun namanya, biasanya ada beberapa restoran di Cianjur yang masih mencantumkan nama es shanghai dalam daftar menu," ujar Tatang. (tribunjabar/ferri amiril mukminin)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved