Sektor Wisata di Kabupaten Bandung dengan Fokus Budaya Lokal Diprioritaskan untuk Dorong Ekonomi

"Di Kabupaten Bandung banyak budaya lokal, itu bisa etnik dan etik, etik ini berkaitan dengan edukasi, etnik ini lebih kepada nilai,"

TribunJabar
Kawah Putih, Ciwidey, Kabupaten Bandung 

SEKTOR wisata akan didorong untuk mempercepat peningkatkan perekonomian masyarakat Kabupaten Bandung, di tengah Pandemi Covid-19 ini.

PeJabat Bupati Bandung, Dedi Taufik mengungkapkan dari komuditas unggulan di Kabupaten Bandung selain pertanian adalah pariwisata.

"Selaku Pejabat dan Kepala Dinas Pariwisata (Jawa Barat), jadi beririsan dengan tugas saya untuk membangkitkan gairah pariwisata," ujar Dedi, di komplek Pemda Bandung, Soreang, Selasa (20/4/2021).

Pemandangan di Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan Kabupaten Bandung
Pemandangan di Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan Kabupaten Bandung (TribunJabar/Putri Puspita)

Dedi memaparkan, di Kabupaten Bandung hampir dari 270 desa di 31 kecamatan banyak  tempat bernuansa alam. "Selain (wisata) air (yang ada), air terjun, sungai, ini juga bisa dikembangkan untuk wisata," kata Dedi.

Menurut Dedi, pariwisata bisa cepat membangkitkan perekonomian. "Pariwisata itu harus menetes ke sektor paling bawah, sekarang dirasakan multiefeknya kepada masyarakat sekitar," ujarnya.

Baca juga: Berlibur dengan Camper Van, Cara Nyaman Menikmati Liburan Saat Pandemi, Ada Paket ke Pangalengan

Dedi menjelaskan, targetnya harus mengedepankan kekuatan pariwisata budaya, jadi sesuai tema hari jadi Kabupaten Bandung ke -380 ini di pariwisatanya juga kuatkan budayanya.

Pejabat Bupati Bandung, Dedi Taufik
Pejabat Bupati Bandung, Dedi Taufik (Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin)

"Di Kabupaten Bandung banyak budaya lokal, itu bisa etnik dan etik, etik ini berkaitan dengan edukasi, etnik ini lebih kepada nilai yang bisa dikembangkan," ucap dia.

Contoh, kata Dedi, wayang ada di Jelekong Baleendah, kaitan dengan kerajinan golok di Ciwidey, budaya ini, bisa juga kuliner, kesenian, dan lain sebagainya. 

Baca juga: Memandang Situ Sipatahunan, Danau Buatan di Baleendah yang Memanjakan Mata dan Asri

"Kita angkat budaya lalu dari sisi fokus, fokusnya lokal," ujarnya.

Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung
Rancabali, Ciwidey, Kabupaten Bandung (Tribun Jabar/Lutfi Ahmad Mauludin)

Dedi mengatakan, pasar lokal yang akan dikembangkan karena Kabupaten Bandung ini keberminatannya sudah masuk ranking lima di Jawa Bara, artinya tempat yang menjadi tujuan untuk didatangi wisatawan.

"Khususnya ke daerah Bandung Selatan. Ini peluang tapi tetap prokes (protokol kesehatan Covid 19) ini harus jadi nomor satu," ucapnya. (tribunjabar/lutfi ahmad mauludin)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved