Jangan Minum Kopi Luwak Sebelum Melihat Proses Produksi Kopi Luwak Cikole

pengunjung dilarang meminum kopi luwak sebelum mengetahui cara dan proses produksinya

Tribun Jabar/Shania Septiana
Kopi Luwak Cikole 

JALAN-jalan menuju tempat wisata di Lembang yang memiliki berbagai destinasi menarik. Dengan udara segar dan bersuhu dingin, kita akan menenemukan sebuah tempat wisata edukasi.

Tempat ini adalah pusat penangkaran hewan luwak serta rumah produksi kopi luwak. Lokasinya di lereng Gunung Tangkubanparahu, tepatnya di Jalan Nyalindung No 9 Kampung Babakan, Desa Cikole, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Hewan luwak yang dipelihara di tempat ini mengikuti prinsip dan kaidah kesejahteraan hewan (animal welfare), dimana aspek kesehatan serta kebutuhan nutrisi dan gizi luwak sangat diperhatikan.

luwak tidur di kandang Kopi Luwak Cikole
luwak tidur di kandang Kopi Luwak Cikole (Kompas.com/khenzie godeleova)

Ratusan hewan luwak hasil pengembangbiakan oleh tim Kopi Luwak Cikole ini menghasilkan produk kopi luwak bernama Kopi Luwak Cikole.

Sang pemilik, Sugeng Pujiono merintis usaha dengan 5 ekor musang, kemudian berkembang biak dan kini berjumlah 125 ekor.

Sebagian kelompok aktivis menganggap produksi kopi luwak adalah kegiatan mengeksploitasi hewan. Namun kondisi ini membuat Sugeng  bersemangat membuktikan bahwa pernyataan tersebut tidak benar.

Produk kopi luwak Cikole
Produk kopi luwak Cikole (Kompas.com/khenzie godeleova)

Dokter hewan lulusan Universitas Airlangga ini merintis usaha produksi kopi luwak dengan fokus pada kesejahteraan hewan luwak sejak 2012 dengan mengusung bendera usaha Kopi Luwak Cikole.

Di tempat ini juga disediakan kafe bagi pengunjung yang akan mencicipi secangkir kopi luwak.

"Kami ada aturan tidak tertulis yakni pengunjung dilarang meminum kopi luwak sebelum mengetahui cara dan proses produksinya," ujar Rizki, edukator Kopi Luwak Cikole, Minggu (18/4).

Setiap pengunjung yang datang akan mendapatkan penjelasan yang gamblang dari tim ‘edukator’ tentang cara produksi Kopi Luwak Cikole, serta diajak melihat kegiatan proses produksinya secara langsung.

Kopi Luwak Cikole
Kopi Luwak Cikole (Tribun Jabar/Shania Septiana)
Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved