Terbang dengan Paralayang dari Gunung Haneuleum, Sukabumi, Hati Plong Beban Hidup Lepas

"sensasinya ketika awal terbang seperti anak yang didorong paksa, mulanya takut tapi lama kelamaan enak terbang"

Tribun Jabar/Rizal Jalaludin
Wisata paralayang dari Gunung Haneuleum, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi 

TEMPAT wisata paralayang kini hadir di Desa Cibodas, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi. Adalah Gunung Haneleum yang berada di ketinggian 300 meter di atas permukaan laut (mdpl) sebagai lokasi tinggal landas aktivitas paralayang tersebut

Kepala Desa Cibodas, Junajah Jajah Nurdiansyah, mengatakan, selain paralayang, dari Gunung Haneuleum juga bisa menikmati keindahan pemandangan Pantai Citepus, Samudra Hindia.

Ke depan, Pemerintah Desa Cibodas berencana bekerja sama dengan PTPN untuk pembebasan lahandi kawasan Gunung Haneuleum ini, karena tempat wisata ini berada di atas tanah milik PTPN.

Wisata paralayang dari Gunung Haneuleum, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
Wisata paralayang dari Gunung Haneuleum, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi (Tribun Jabar/Rizal Jalaludin)

"Insyaallah kedepan kami koordinasi dengan Pak Dadang dari kelompok sadar wisata (Pokdarwis). Paralayang ini sebagai pemantik meningkatkan kunjungan wisatawan ke sini, nanti kami akan siapkan beberapa tambahan seperti tempat selfie dan lainnya dengan backround yang aduhai, hamparan laut, sawah, serta gunung," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (10/4/2021).

Jajah berharap perekonomian warga desanya meningkat dengan adanya objek wisata paralayang ini.

Baca juga: Menyesap Manis Lezatnya Aneka Minuman Kopi di Sebelas Kopi Palabuhanratu, Kabupatan Sukabumi

Ia pun mengatakan, ketika terbang menggunakan paralayang dari Gunung Haneleum ini hatinya terasa plong, beban hidup hilang, lepas seketika.

Lokasi tinggal landas untuk paralayang di Gunung Haneuleum, Palabuhanratu, Sukabumi
Lokasi tinggal landas untuk paralayang di Gunung Haneuleum, Palabuhanratu, Sukabumi (Tribun Jabar/Rizal Jalaludin)

"Sensasinya saat terbang paralayang gimana gitu. Saya sekarang usia 40 tahun, sensasinya ketika awal terbang seperti anak yang didorong paksa, mulanya takut tapi lama kelamaan enak terbang. Semua bebas, hati plong! Pemandangan di atas itu eksotis," ucapnya.

Ia mengatakan, lokasi Gunung Haneuleum Ini perbatasan antara dua desa, Desa Cibodas dan Citepus.

Baca juga: Dari Bukit Sagara Keindahan Teluk Palabuhanratu Memesona, Wisatawan Juga Bisa Menikmati Durian

Take off- nya di sini nanti landing-nya di Desa Citepus, view-nya laut jadi benar-benar pas. Siapa pun yang datang mari lihat dan rasakan sensasinya," kata Jajah.

Untuk  sampai ke tempat wisata ini dari Citepus, wisatawan  dapat masuk ke jalan raya Citepus-Cibodas sejauh 1,5 kilometer menuju Desa Cibodas. Ketika masuk di tugu perbatasan Desa Cibodas, belok ke arah kiri sejauh satu kilometer melewati jalan berbatu. Dari jalan itu pengunjung akan sampai di tempat wisata Gunung Haneleum. 

Lokasi tempat tinggal landas untuk paralayang di Gunung Haneuleum. Palabuhanratu
Lokasi tempat tinggal landas untuk paralayang di Gunung Haneuleum. Palabuhanratu (Tribun Jabar/Rizal Jalaludin)

Bisa Menjadi Destinasi Wisata Unggulan

CAMAT Palabuhanratu, Ahmad Samsul Bahri, mengatakan, ia sangat mendukung potensi wisata di Gunung Haneuleum yang pemandangannya eksotis itu.

"Sebagai pimpinan diwilayah kecamatan Palabuhanratu, sangat mendukung terhadap penggalian potensi wisata yang ada di Palabuhanratu, salah satunya  ada di puncak Gunung Haneleum Desa Cibodas, ini potensi yang sangat luar biasa jika dikembangkan, paralayang ini salah satu jenis wisata khusus yang peminatnya pun khusus. Ini  akan menarik potensi turis asing," katanya.

Wisata paralayang dari Gunung Haneuleum, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi
Wisata paralayang dari Gunung Haneuleum, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi (Tribun Jabar/Rizal Jalaludin)

Ia mengatakan, kecamatan sudah berkodinasi dengan kades dan perkebunan Gunung Haneleum ini.

 “Mudah-mudahan sudah ada, sambutan postif walaupun belum secara resmi. Mudah-mudahan ini merupakan awal baik dan kami juga berkordinasi dengan pimpinan kabupaten termasuk pak Bupati dan dinas yang menangani," kata Ahmad.

Baca juga: Gua Lokasi Penemuan Fosil Gigi Hiu Akan Jadi Objek Wisata Geologi di Kabupaten Sukabumi

Ia juga berharap, wisata paralayang di Hunung Haneleum ini dapat masuk ke salah satu kawasan wisata Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG).

“Mudah-mudahan tahun 2021 kami sudah ada action dan tahun depannya sudah bisa menjadi destinasi wisata unggulan di CPUGG," katanya.  (tribunjabar/m rizal jalaludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved