Menikmati Rasa Unik Mie Ayam Coet di Subang, Tersedia Aneka Varian Rasa, Harganya Terjangkau

“Dari rasanya berbeda, kan banyak macamnya, harganya juga terjangkau sih kalau menurut saya,"

Tribun Jabar/Irvan Maulana
Memasak mi ayam coet di Subang 

KABUPATEN Subang termasuk daerah yang kaya akan kuliner, tak hanya memanjakan lidah, kuliner-kuliner di Subang juga terkesan unik.

Salah satunya adalah Mie Ayam Coet Spesial. Berbeda dengan yang lainnya, mi ayam ini disajikan dengan cobek alias coet dalam Bahasa Sunda.

Dengan berbagai varian rasanya membuat mi ayam ini banyak dikunjungi. Bahkan ketika menjelang berbuka pada bulan Ramadan, pemilik rumah makan ini sampai menambah karyawan untuk melayani para pengunjung yang membeludak tiap menjelang magrib.

Mi ayam coet sedang dibuat di Rumah Makan Mie Ayam Coet Spesial, Jalan Letjen Soetoyo, Kabupaten Subang
Mi ayam coet sedang dibuat di Rumah Makan Mie Ayam Coet Spesial, Jalan Letjen Soetoyo, Kabupaten Subang (Tribun Jabar/Irvan Maulana)

Pemilik Mie Ayam Coet Spesial, Wawan Kurniawan, mengatakan, ide awal membuka usaha kuliner berasal dari niatnya yang dulu merupakan seorang chef di restoran Cina.

Dulu ia hanya membuka usaha mi ayam di halaman rumahnya di Tegalkalapa, Kabupaten Subang. Saat itu, seperti mi ayam biasanya ia hanya sajikan dengan mangkuk dan tidak banyak varian rasa yang ditawarkan. Selang beberapa bulan lantas Wawan berpikir untuk membuat suatu sajian yang unik dengan rasa yang menarik.

Baca juga: Kedai Zona Mager Ini Sediakan Menu Ayam Tumpah Seperti yang Biasa Disajikan di Resto-resto Seafood

Kemudian Wawan berinisiatif menyewa salah satu ruko di Kawasan Perumahan Nasional, Jalan Letjen Soetoyo, Kabupaten Subang. Dari situ Wawan berpikir tentang bagaimana mi ayam yang ia sajikan tingkat kehangatannya bertahan lama, lalu tercetus ide untuk menyajikannya dengan cobek.

“Dulu saya hanya berpikir bagaimana agar panasnya bisa awet,” ujar Wawan ketika ditemui Tribun di Rumah Makan Mie Ayam Coet Spesial, Jalan Letjen Soetoyo, Kabupaten Subang, Minggu (4/4).

Baca juga: Menyeruput Mie Kelelep Khas Teras Luhur, Kuahnya Hangat dan Baksonya Gurih di Lidah

Tak berapa lama, pelanggannya kian bertambah. Wawan juga lantas berinovasi dengan membuat sajian berbagai varian rasa, di antaranya mi ayam lada hitam, mi ayam teriyaki, mi ayam mentega, hingga mi ayam ekstra pedas spesial.

Menurut Wawan, dulu nama rumah makan mi ayam tersebut bukanlah Mie Ayam Coet, namun ada pelanggan yang menjulukinya Mie Ayam Coet. “Alhamdulillah dari pertama buka responsnya memuaskan. Katanya rasanya beda sama yang lain dan penampilannya unik," kata dia.

Rumah Makan Mie Ayam Coet Spesial, Jalan Letjen Soetoyo, Kabupaten Subang
Rumah Makan Mie Ayam Coet Spesial, Jalan Letjen Soetoyo, Kabupaten Subang (Tribun Jabar/Irvan Maulana)

Perbedaan mi ayam buatan Wawan dengan yang lain tentu dinilai dari rasanya yang khas, Wawan yang memang seorang chef tahu betul mengolah berbagai rempah dengan sajian masakan yang unik dan menarik.

Selain gurihnya yang khas, pedas lada hitam mi ayam coet spesial juga menambah kenikmatan saat disantap. Selain itu ayam yang disajikan Wawan juga terasa lezat dengan teksturnya yang lembut. Ditambah kriuk taburan goreng bawang merah yang makin menyedapkan rasa mi ayam tersebut juga membuat nafsu makan kian lahap.

Nikmat dengan Harga Terjangkau

DENGAN sajian menarik dan rasa yang bervariasi, harga yang dibanderol pun ramah di kantong. Berkisar Rp 13.000-18.000 membuat makin banyak masyarakat yang tertarik.

Baca juga: Mie Bakso Jumbo Paling Mantap di Kedai Mie Baso Solo Raos Pak Pardi Antapani

Salah seorang pelanggan, Yuni Siti Nurjanah (32) warga Tegalkalapa Kabupaten Subang, mengatakan, ia sering makan di Mie Ayam Coet.

Dalam sepekan ia bisa tiga sampai empat kali makan di kedai Mie Ayam Wawan ini. “Dari rasanya berbeda, kan banyak macamnya, harganya juga terjangkau sih kalau menurut saya," ujar Yuni.

Menikmati mi ayam coet di Rumah Makan Mie Ayam Coet Spesial, Jalan Letjen Soetoyo, Kabupaten Subang
Menikmati mi ayam coet di Rumah Makan Mie Ayam Coet Spesial, Jalan Letjen Soetoyo, Kabupaten Subang (Tribun Jabar/Irvan Maulana)

Kedai Wawan buka pukul 10.00-22.00, khusus Ramadan, buka pukul 15.00 hingga 21.00. Uniknya, kedai Mie Ayam Coet Spesial ini memiliki cabang lain di Jawa Barat, yakni Cianjur kota, Tunggakjati Karawang, Cipanas Bogor, dan Puncak Bogor, yang merupakan bisnis  dengan sistem bisnis waralaba.

Baca juga: Pernah Mencoba Mie Celor ? Begini Cara Membuatnya Di Rumah

Karena makin dikenal itulah, Wawan yang memulai bisnis pada 2014 tersebut, kini mampu meraup omzet hingga Rp 90 juta  per bulan.

Apalagi pada Ramadan, Mie Ayam Coet Spesial yang kerap jadi buruan warga untuk menu berbuka kian menambah keuntungan Wawan. Pasalnya selama Ramadan omzetnya mencapai Rp 30 juta dalam satu pekan. (tribunjabar/irvan maulana)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved