Sedapnya Bakso Tumpeng yang Disiram Bumbu, Disajikan Terpisah Tanpa Mi, Tersedia di Purwakarta

“Kalau makan di tempat ini, penyajian bakso tumpeng dibuat terpisah tak seperti bakso pada umumnya yang digabung dengan mi.

Editor: Adityas Annas Azhari
Tribun Jabar/Nandri Prilatama
Bakso tumpeng di Kedai Sabar Menunggu BSM Lava 

MASYARAKAT tentunya sudah sangat mengenal kuliner bakso. Ditambah dengan beragam rasanya, makanan berbentuk bulat ini makin digandrungi. Uniknya, penjual bakso pun berinovasi dalam bentuknya.

Seperti bakso di Plered, Purwakarta, yang justru memiliki bentuk yang tidak bulat, yakni berbentuk tumpeng alias kerucut.

Oktavia (42), pedagang bakso di Kedai Sabar Menunggu BSM Lava, mengatakan, bentuk bakso kerucut ini hasil kreasinya guna meningkatkan daya beli masyarakat. Lokasi bakso unik ini di Jalan Raya Cibogo-Plered, tepatnya di Desa Cibogohilir, Kecamatan Plered, Purwakarta.

Bersama suaminya, Oktavia berinovasi membuat bakso tumpeng ini. Dinamakan bakso tumpeng, karena memang bentuknya menyerupai tumpeng yakni kerucut. Namun, ada pula pembeli yang menyebutnya bakso mercon.

Nakso tumpeng di Kedai Sabar Menunggu BSM Lava. Purwakarta
Nakso tumpeng di Kedai Sabar Menunggu BSM Lava. Purwakarta (Tribun Jabar/Nandri Prilatama)

“Penamaan sih terserah pembeli. Tapi, kami menamakannya bakso tumpeng. Kami mulai usaha ini sejak November 2020 namun untuk berjualan di sini sudah enam tahun,” ujarnya, Rabu (31/3/2021).

Ia menambahkan, setelah ada sajian bakso tumpeng ini banyak masyarakat yang membelinya. Pembeli penasaran dengan bentuk dan isi dari bakso tumpeng. "Sehari bisa 50 porsi khusus bakso tumpeng," ujar Oktavia.

Baca juga: Setiap Daerah di Purwakarta Punya Sate Maranggi yang Khas, Pilih Mana yang Disukai

Bakso tumpeng kreasi Oktavia ini berisikan telur puyuh, bakso berukuran kecil, hingga daging cincang dan sambal. Namun, jangan khawatir bagi mereka yang tak suka pedas. Sebab, di kedai ini ada pula bakso yang tak pedas dengan isi yang sama.

“Kalau makan di tempat ini, penyajian bakso tumpeng dibuat terpisah tak seperti bakso pada umumnya yang digabung dengan mi. Bakso ini disiram bumbu berbentuk cair dan ditambah seledri yang telah diiris,” ucap Oktavia.

Satu porsi bakso tumpeng, Oktavia menyebut dibanderol Rp 16.000.

bakso tumpeng di Kedai Sabar Menunggu BSM Lava, Purwakarta
bakso tumpeng di Kedai Sabar Menunggu BSM Lava, Purwakarta (Tribun Jabar/Nandri Prilatama)

Selain itu, di kedai Sabar Menunggu BSM Lava ini juga tersedia bakso rusuk, bakso beranak, dan bakso urat yang memang sudah ada terlebih dahulu.

Baca juga: Ada 80 Menu Bakso di Bakso Mang Panjul Majalengka, Tersedia Bakso Jumbo Ukuran 8 Kilogram

Mengenai inspirasi awal membuat bakso tumpeng, Oktavia menjelaskan bermula saat dia mudik ke Solo. Di sana ada penjual bakso tumpeng berukuran besar dan viral.

“Jadi, saya langsung berinisiatif, kenapa tidak untuk buat yang sama namun ukurannya mini agar harganya terjangkau,” ujarnya. (tribunjabar/muhamad nandri prilatama)

Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved