Anggota Balawista Pangandaran Harus Bersertifikasi Nasional Demi Kenyamanan Wisatawan

"Kami di Pantai Pangandaran ini melakukan pelatihan pengamanan wisata tirta (air) baik itu di laut, sungai, danau maupun kolam"

istimewa
Jajaran Balawista Pangandaran 

UNTUK menjaga keamanan dan kenyamanan Wisatawan, Balawista akan mengikuti Pelatihan dan sertifikasi khusus yang dilaksanakan di wilayah Pantai Pangandaran, Jawa Barat.

Ketua Balawista Pangandaran, Heri Haerudin, mengatakan, pemerintah provinsi sedang mempersiapkan tenaga ahli untuk Balawista.

"Karena besok, tanggal 6, 7, 8 dan 9 April akan dilaksanakan pelatihan Balawista dan sertifikasi di wilayah Pangandaran," ujar Heri saat ditemui Tribun Jabar di depan kantornya, Minggu (28/3/2021).

Ketua balawista Pangandaran, Heri Haerudin
Ketua balawista Pangandaran, Heri Haerudin (Tribun Jabar/Padna)

Heri mengatakan, untuk assesor (penilai) Balawista Pangandaran, nanti didatangkan langsung dari Balawista nasional,  Pangandaran dan juga Palabuhanratu.

"Kegiatan pelatihan ini, tentu akan diikuti oleh 27 Kabupaten atau kota se-Jawa Barat," ucapnya.

Baca juga: Pantai Palatar Agung Akan Menjadi Objek Wisata Baru yang Terintegrasi di Kabupaten Pangandaran

Hanya untuk saat ini, kata Heri, sementara diikuti oleh perwakilan personil saja dan nanti juga secara bergiliran akan dilaksanakan di tempat Kabupaten atau Kota lainnya.

"Kami di Pantai Pangandaran ini melakukan pelatihan pengamanan wisata tirta (air) baik itu di laut, sungai, danau maupun kolam," kata Heri.

Pantai Pangandaran
Pantai Pangandaran (TribunJabar)

Heri menegaskan, kegiatan ini akan menjadi standar operasional prosedur (SOP) yang ditetapkan di beberapa kawasan destinasi wisata.

Jadi dalam pengamanan Wisata Tirta, pada dasarnya mereka (anggota Balawista) harus sudah pernah mengikuti pelatihan dasar dan memiliki sertifikat nasional.

"Nantinya, untuk kejelasan status yang bersertifikat nasional sudah layak tergabung menjadi anggota Balawista," kata Heri.  (tribunjabar/padna)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved