Desa Cibuluh Kecamatan Ujungjaya Sumedang Akan Dikembangkan Menjadi Desa Wisata,

"Nanti kita bisa lihat take off maupun landing pesawat dari tempat wisata ini. Tentunya ini jadi nilai tambah bagi Desa Cibuluh"

Editor: Adityas Annas Azhari
TribunJabar
Tol Cisumdawu 

DESA Cibuluh, Kecamatan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang dinilai memiliki potensi lahan yang strategis untuk dikembangkan menjadi desa wisata karena terdapat area tanah kas desa seluas 12 hektare.

Wakil Bupati Sumedang, Erwan Setiawan mengatakan, selain berada di kawasan industri Buahdua, Ujungjaya, Tomo dan Jatigede (Butomgede), letak desa Cibuluh sangat strategis karena letaknya 3 kilometer dari pintu tol Cisumdawu.

"Selain itu berjarak 5 Kilometer dari pintu tol Cikedung atau Cipali dan 8 Kilometer dari Bandara Internasional Kertajati," ujar Erwan melalui keterangan tertulis yang diterima Tribun, Rabu (24/3/2021).

Bupati Sumedang, Erwan Setiawan di Desa Cibuluh, Kecamtgan Ujungjaya, Sumedang
Bupati Sumedang, Erwan Setiawan di Desa Cibuluh, Kecamtgan Ujungjaya, Sumedang (istimewa)

Atas hal tersebut, kata Erwan, rencana pengembangan Desa Wisata Cibuluh tersebut harus didukung pula oleh masyarakat setempat karena jika desa Cibuluh maju maka akan berdampak pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat setempat.

"Saya harap hal ini bisa segera terwujud tanpa ekses. Tentunya akan kita tempuh sesuai prosedur yang ada. Sekarang baru kerja sama konsep nanti akan kita tindak lanjuti dengan kerjasama pemanfaatan lahan," katanya.

Baca juga: Objek Wisata Buricak Burinong di Kawasan Waduk Jatigede Sumedang Jadi Tempat Favorit Berswafoto

Erwan mengatakan, konsep pengembangan desa wisata ini yakni dengan konsep alam dan pemandangan yang tertuju ke Jalan Tol Cisumdawu dan Bandara Kertajati.

"Nanti kita bisa lihat take off maupun landing pesawat dari tempat wisata ini. Tentunya ini jadi nilai tambah bagi Desa Cibuluh untuk menarik wisatawan," ucap Erwan.

Menurutnya, jika Desa Cibuluh ini maju, maka kehidupan masyarakatnya juga akan ikut terangkat dan pendapatan ekonomi pun akan meningkat, sehingga potensi ini harus dimanfaatkan oleh masyarakat.

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati.
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati. (Tribunnews.com/Danang Triatmojo)

Camat Ujungjaya, Didin Hermawan, mengatakan, Desa Cibuluh memiliki peran strategis dalam pengembangan wilayah di Kecamatan Ujungjaya dan mempunyai pekerjaan rumah yang besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Dikatakan Didin, untuk meningkatkan kapasitas fiskal desa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pihaknya telah berdiskusi dengan Kades dan BPD Cibuluh dalam optimalisasi aset desa berupa Tanah Kas Desa.

Baca juga: Perkebunan Teh Disbun di Sumedang, Lokasi Tepat untuk Mereka yang Merindukan Sepi

"Tuntutan masyarakat untuk disejahterakan terus meningkat. Salah satu ikhtiar yang dilakukan Pemerintah Desa Cibuluh yang didukung oleh BPD adalah dengan mengoptimalkan aset desa. Tentunya ini harus sesuai dengan prosedur dan persyaratan yang berlaku," kata Dindin. (tribunjabar/hilman kamaludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved