Perjalanan Penuh Makna di Sudut Cerita, Tempat Wisata Unik Dibalut Seni Kreatif

"Pembuka pada Sudut Cerita diarahkan untuk memahami dulu tema besar dan kesadaran diri serta hubungan alam dan manusia

Tribun Jabar/Wildan Noviansah
Seni instalasi interaktif di Sudut Cerita 

BERWISATA di Lembang tak melulu soal alam yang indah. Lembang juga mempunyai wisata unik yang dibalut dengan unsur kesenian yang kental.

Adalah Sudut Cerita, sebuah tempat wisata di Jalan Pagermaneuh, RT.05/RW.07, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Sudut Cerita berada di dalam tempat wisata Sudut Pandang di kawasan wisata punclut. Sudut Cerita merupakan tempat wisata edukasi yang direpresentasikan melalui ruang wahana multimedia. Tema yang diambil di Sudut Cerita menceritakan tentang kerusakan alam dan hubungannya dengan manusia.

Sudut Cerita di Pagermaneuh, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Sudut Cerita di Pagermaneuh, Desa Pagerwangi, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (Tribun Jabar/Wildan Noviansah)

Creative Editor Sudut Cerita, Jeffi Manjani, mengatakan, pemilihan tema ini diangkat karena minimnya kesadaran masyarakat mengenai kerusakan alam.

"Berkaca dengan keadaan saat ini, di mana kerusakan alam terjadi di mana-mana dan minimnya kesadaran masyarakat terkait hal itu, saya dan tim memutuskan untuk mengangkat tema ini," kata saat ditemui di lokasi Sudut Cerita, Minggu (21/3).

Hubungan manusia dengan alam diimplementasikan dalam bentuk instalasi seni di tujuh ruangan yang mempunyai makna berbeda satu sama lainnya.

Baca juga: Kala.Borasi, Ruang Seni Digital yang Memanjakan Pancaindra dengan Video Maping Berkualitas Tinggi

Ide tersebut muncul darinya dan kedua temannya, Yura Kusnar dan William Samosir sebagai pekerja di industri kreatif yang tergabung dalam nama Komunitas Blanco Benz Atelier.

"Saya dan tim mengusulkan ide ini dengan proses pembuatan ide sampai instalasinya rampung sekitar enam bulan lamanya," kata dia.

Tarif untuk mengunjungi Sudut Cerita pun terangkau. Dengan Rp 50.000, pengunjung bisa menikmati suasana unik dengan pengetahuan yang bernilai di dalamnya.

Seni interaktif di Cudut Cerita Lembang
Seni interaktif di Cudut Cerita Lembang (Tribun Jabar/Wildan Noviansah)

Jeffi menuturkan, Sudut Cerita dibangun pada Agustus 2020 dengan sasaran pengunjung kaum milenial. Namun tak menutup kemungkinan para orang dewasa untuk datang ke sana.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved