Eiger Bikin Ransel untuk Mendaki dari Bahan Ramah Lingkungan, Daya Tahannya Bergantung Perawatan

"Untuk daya tahan bambu ini sudah lolos uji coba dan uji tekan. Jadi untuk daya tahan usia penggunaannya memang lebih rendah 10 persen"

TribunJabar/Putri Puspita
Ransel eco saver yang ramah lingkungan dikenalkan oleh PT Eigerindo Multi Produk Industri di Katapang, Kabupaten Bandung. 

UNTUK menjaga keseimbangan bumi, berbagai sektor industri terus melakukan sustainibility development dalam pengembangan produknya.

Hal ini juga dilakukan oleh perlengkapan outdoor Eiger dalam perlengkapannya seperti kaos dan tas.

Kondisi alam yang semakin buruk membuat Eiger meluncurkan ransel untuk mendaki yang dibuat dari bahan ramah lingkungan.

Product Desiger PT Eigerindo Multi Produk Industri, Oki Lutfi mengatakan ransel yang diberi nama Eco Savier ini menggunakan 70 persen komposisi material ramah lingkungan dalam prosesnya.

Ransel eco saver yang ramah lingkungan dikenalkan oleh PT Eigerindo Multi Produk Industri di Katapang, Kabupaten Bandung.
Ransel eco saver yang ramah lingkungan dikenalkan oleh PT Eigerindo Multi Produk Industri di Katapang, Kabupaten Bandung. (TribunJabar/Putri Puspita)

Di bagian belakang tas ransel ini terdapat bambu sebagai pengganti besi. Untuk proses pembuatan bambu ini, Oki mengatakan Eiger bekerja sama dengan UKM lokal dari Temanggung.

"Untuk daya tahan bambu ini sudah lolos uji coba dan ada uji tekan. Jadi untuk daya tahan usia penggunaannya memang lebih rendah 10 persen dengan ransel pada umumnya, tinggal bagaimana pengguna merawat ranselnya," ujar Oki saat ditemui di kantor Eiger, Jalan Katapang, Kabupaten Bandung, Rabu (16/3/2021).

Baca juga: Savana Live Camp, Perlengkapan Outdoor yang Bisa Dinikmati Semua Kalangan dengan Harga Terjangkau

Menariknya lagi adalah bagian tasnya menggunakan material dari sampah botol plastik.

"Untuk satu tas ini membutuhkan 50 botol plastik yang didaur ulang," ujarnya.

Meskipun saat ini materi daur ulangnya masih impor, tetapi Oki mengatakan Eiger saat ini sedang mempersiapkan teknologinya dan bekerja sama dengan Bank Sampah Bersinar.

Pembuatan ransel Eiger di pabrik  PT Eigerindo Multi Produk Industri, katapang, Kabupaten Bandung
Pembuatan ransel Eiger di pabrik PT Eigerindo Multi Produk Industri, katapang, Kabupaten Bandung (TribunJabar/Putri Puspita)

Tidak hanya ransel, saat ini Eiger juga memiliki sekitar 20 jenis produk yang menggunakan bahan ramah lingkungan.

Misalnya saja brand ambassador Eiger, Abex menjelaskann kaos yang bisa digunakan untuk olahraga ini dibuat dari serat kopi.

Baca juga: Tempat Wisata untuk Belajar Berkuda dan Memanah Sesuai Syariat Islam, Tersedia Juga Tempat Kamping

"Kaos ini dibuat dari eskafe atau serat kopi, bahannya menyerap keringat, dan cepat kering," ujar Abex.

Selain itu beberapa produk lainnya pun dibuat dengan teknologi canggih dan menggunakan material ramah lingkungan mulai dari sling bag, carrier, dan berbagai jenis tas lainnya. (tribunjabar/putri puspita)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved