Mengobati Kepenatan dari Kesibukan di Sejuknya Alam Objek Wisata di Cisarua Lembang

"Rencananya kami akan buat berbagai macam playgorund dan juga kebun binatang mini agar memaksimalkan lahan"

Tribun Jabar/Wildan Noviansah
Vila di Kawasan Wisata Natural Hill di Jalan Kolonel Masturi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB) 

UDARA sejuk seakan menyapa, hamparan hijau luas memanjakan mata, dan suara khas alam  menghiasi Kawasan Wisata Natural Hill di Jalan Kolonel Masturi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Baca juga: Pacu Adrenalin di Jalur Off Road Sukawarna-Cikole KBB dengan Land Rover   

Sesuai dengan namanya, Natural Hill menyuguhkan pesona alam yang masih natural dan masih kental.

Supervisor Natural Hill, Dede Parlina (37), mengatakan, tempat ini dibangun pada tahun 2010 oleh pemiliknya yang bernama Kiki.  Tujuannya menjadi tempat healing (pengobatan) masyarakat dari hiruk pikuk kesibukan.

Kawasan Wisata Natural Hill di Jalan Kolonel Masturi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB)
Kawasan Wisata Natural Hill di Jalan Kolonel Masturi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB) (Tribun Jabar/Wildan Noviansah)

"Dulu bu Kiki bersama teman-temannya mulai membangun tempat ini pada tahun 2010. Mereka bekerja sama menciptakan suasana tempat wisata yang mengandalkan kesejukan alam dihiasi dengan  pegunungan dan perbukitan khas Cisarua," kata Dede, Kamis (11/3/2021).

Pria yang akrab disapa Mas Dede itu mengatakan, meskipun sudah didirikan selama 12 tahun, namun pemasaran yang dilakukan pihak Natural Hill masih terbilang pasif.

Baca juga: Curug Malela Nan Indah di Kabupaten Bandung Barat, Dijuluki Air Terjun Niagara Kecil

"Pengelola yang dulu hanya mengandalkan kerabat dan relasi, sampai pada akhirnya pada September 2019 kemarin kami mulai memasarkan keluar, karena target kami sudah menjadi masyarakat umum untuk dijadikan tempat wisata," katanya sembari meneguk segelas air.

Kawasan Wisata Natural Hill di Jalan Kolonel Masturi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB)
Kawasan Wisata Natural Hill di Jalan Kolonel Masturi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB) (Tribun Jabar/Wildan Noviansah)

Bukan hanya sensasi alam yang natural, di tempat ini juga terdapat beberapa hal yang bisa dinikmati. Diantaranya Outbond, tempat gathering, wedding hall, curug, hotel hingga villa yang bisa disewa para wisatawan yang berkunjung.

Tiket masuk yang dikeluarkan pengunjung pun terbilang murah, hanya Rp 20.000 per orang di weekday maupun weekend dengan jam operasional mulai pukul 08.00 hingga 16.00.

Baca juga: Kisah Sejarah di Curug Walanda Citatah, Potensi Objek Wisata di Kabupaten Bandung Barat

Saat pertama kali dilakukan publikasi, antusiasme pengunjung sangat baik. Dalam satu hari bisa mencapai 300 hingga 500 orang per harinya.

Pengunjung yang datang pun berasal dari berbagai kalangan, mulai dari instansi pendidikan, hingga perkumpulan dan komunitas yang dengan sengaja datang untuk melakukan gathering.

Kawasan Wisata Natural Hill di Jalan Kolonel Masturi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB)
Kawasan Wisata Natural Hill di Jalan Kolonel Masturi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB) (Tribun Jabar/Wildan Noviansah)

Dede mengatakan, untuk camping ground, vila, dan hotel mempunyai kisaran harga yang berbeda satu sama lainnya.

"Untuk camping ground kami buka Rp 30.000 per orang per malam. Untuk kamar mulai Rp 300.000 hingga Rp 500.000 bergantung tipenya. Sedangkan untuk villa harga Rp 2.5 Juta per malamnya," ujarnya.

Baca juga: Kaktus Sukulen Asal Lembang Diminati Pasar Luar Negeri, Para Kolektor Tanaman Mengincarnya

Dede menuturkan, di hamparan tanah seluas kurang lebih 30 hektar tersebut rencananya akan dibangun kebun binatang mini dan playground jenis lainnya.

Baca juga: Merasakan Suasana Berwisata di Pulau Dewata dalam Kesejukan Lembang Nan Asri

"Ini kan luasnya sekitar 30 hektare, tapi baru 7 hektare yang sudah berbentuk. Rencananya kami akan buat berbagai macam playgorund dan juga kebun binatang mini agar memaksimalkan lahan dan agar lebih konsentrasi ke ranah pariwisata," katanya.

Salah seorang pengunjung asal Kabupaten Bandung, Fina mengatakan, ia senang bisa berkunjung ke Natural Hill yang masih kental dengan nuansa alamnya.

Deretankamar di hotel Kawasan Wisata Natural Hill di Jalan Kolonel Masturi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB)
Deretankamar di hotel Kawasan Wisata Natural Hill di Jalan Kolonel Masturi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat (KBB) (Tribun Jabar/Wildan Noviansah)

"Senang sih bisa healing dari urusan pekerjaan yang membosankan. Otak jadi segar kembali. Saya jadi tertarik buat mengadakan pernikahan disini," ucapnya.

Sebagai pengelola dan supervisor, Dede berharap Natural Hill bisa lebih dikenal masyarakat luas dan bisa bersaing dengan banyaknya tempat wisata di Bandung Barat.  (tribunjabar/wildan noviansah)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved