Lezatnya Ikan Asin Jambal Roti Khas Pangandaran, Jambal Tuban Paling Mahal 

"Mulai dari ikan asin jambal roti mentega, jambal roti tuban, dan  jambal roti putih,"

Editor: Adityas Annas Azhari
TribunJabar/Padna
JAMBAL ROTI - Salah Satu jenis jambal roti di kios milik H Surman, blok Pantai Barat, Pangandaran. 

JIKA berwisata ke Pantai Pangandaran, jangan lewatkan kuliner ikan asin jambal roti yang menjadi ciri khas oleh-oleh kawasan objek wisata andalan Jawa Barat itu.

Ikan asin jambal roti merupakan olahan berbahan dasar ikan yang diasinkan dengan garam kemudian dikeringkan agar awet.

Ikan asin jambal roti biasanya disajikan sebagai lauk menemani nasi putih dan sambal. Ikan asin jambal roti juga sangat mudah ditemukan di pasar tradisional maupun modern sekitar Pantai Pangandaran nan indah.

Salah Satu jenis jambal roti di kios milik H Surman, blok Pantai Barat, Pangandaran.
Salah Satu jenis jambal roti di kios milik H Surman, blok Pantai Barat, Pangandaran. (TribunJabar/Padna)

Proses penggaraman dilakukan setelah ikan dibelah dan dibersihkan, ikan tersebut dimasukan garam kristal sampai memenuhi perut ikan supaya menghasilkan rasa asin yang maksimal.

Tidak cuma diisi garam ke dalam ikan, badannya pun juga dibaluri garam. Setelah itu disimpan atau dijemur selama kurang lebih satu minggu.

Baca juga: Bukit Panenjoan Pangandaran Dulu Menyeramkan Sekarang Jadi Hit Karena Pesona Pemandangannya

Selain wisawatan, masyarakat setempat juga biasa mengonsumsi ikan ini sebagai teman makan dengan nasi hangat, lengkap dengan sambal merahnya.

Apandi (23), karyawan di kios penjual jambal roti milik H Surman, di blok pantai barat Pangandaran mengatakan, ikan asin jambal roti yang tersedia di sini jenisnya beda-beda. Karena proses pengolahan dan asal ikannya juga berbeda beda.

jambal roti sedang dijemur
jambal roti sedang dijemur (wikipedia)

"Mulai dari ikan asin jambal roti mentega, jambal roti tuban, dan  jambal roti putih," ujar Apandi, saat ditemui Tribun di kios milik H. Surman, Rabu (17/2).

Jambal mentega,kata Apandi, berasal dari ikan kadukang. Sedangkan untuk jambal tuban berasal dari ikan tuban, dan jika jambal putih berasal dari ikan putih.

Baca juga: Debong Pohon Pisang Ini Menjadi Keripik Renyah dan Enak Khas Pangandaran, Cocok untuk Oleh-oleh

"Harganya pun tidak sama, ikan asin jambal mentega harganya Rp 140 ribu per kg, jambal putih seharga Rp 120 per kg dan yang paling mahal jambal tuban harganya mencapai Rp 150 ribu per kg," katanya.

Menurutnya, untuk ikan asin jambal tuban proses lumayan lama, mulai dari perendaman air dengan garam, dijemur, dan sampai layak dijual kurang lebih 10 sampai 12 hari.

Baca juga: Sate Toe Khas Kalipucang Pangandaran, Rasanya Enak dan Harganya Murah

Apandi menambahkan, selain jambal roti dengan jenis yang berbeda, ditempatnya juga menjual berbagai macam ikan asin seperti cumi asinan, asinan ikan pari, teri, layur, dan ikan asin lainnya. (padna)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved