Baru 10 Persen Tempat Wisata di Kota Bandung yang Mengantongi Sertifikat CHSE

ada 95 hotel, 41 restoran, dua objek wisata outdoor dan satu jasa perjalanan wisata yang sudah tersertifikasi CHSE

Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Bus Bandros Bandung 

DINAS Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung terus mendorong kafe, resto, rumah makan, hotel, tempat wisata, dan jasa perjalanan untuk mendaftarkan usahanya agar mendapat sertifikasi CHSE

CHSE penerapan protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 yang berbasis pada Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environment Sustainability (Kelestarian Lingkungan).

Program CHSE ini sudah diluncurkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sejak akhir 2020 dan hingga saat ini masih terus berjalan. 

Sejumlah penari membawakan tarian parade karakter event pada peluncuran Calender Of Event 2021 Kota Bandung, di Hotel el Royale, Jalan Merdeka,  Kota Bandung, Rabu (25/11/2020).
Sejumlah penari membawakan tarian parade karakter event pada peluncuran Calender Of Event 2021 Kota Bandung, di Hotel el Royale, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Rabu (25/11/2020). (Tribun Jabar/Gani Kurniawan)

Kepala Disbudpar Kota Bandung, Dewi Kenny Kaniasari, mengatakan, program sertifikasi CHSE untuk tempat wisata di Kota Bandung masih terus berjalan. 

"Sampai akhir November 2020 ada 95 hotel, 41 restoran, dua objek wisata outdoor dan satu jasa perjalanan wisata yang sudah tersertifikasi CHSE," ujar Kenny, di Balai Kota Bandung, Rabu (20/1/2021). 

Peresmian kampung wisata kreatif Cigadung di Cibeunying Kaler, oleh Wali Kota Bandung, Oded M Danial
Peresmian kampung wisata kreatif Cigadung di Cibeunying Kaler, oleh Wali Kota Bandung, Oded M Danial (Tribun Jabar/Nazmi Abdurahman)

Sisanya, kata Kenny, masih banyak kafe, restoran, rumah makan, hotel, tempat wisata dan jasa perjalanan lainnya yang belum mendaftarkan sertifikasi CHSE

"Bertahap tidak bisa sekaligus, programnya juga baru berapa beberapa bulan dari Kementriannya juga. Di Kota Bandung itu ada 400 hotel, kafe dan resto itu lebih banyak lagi, masih kurang dari 10 persen," katanya. 

Program sertifikasi CHSE ini gratis, pengelola atau pemilik usaha tinggal mengajukan ke Disbudpar untuk dilakukan sertifikasi CHSE.(tribunjabar/n(azmi abdurahman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved