Pesona Bukit Batu Belang di Cikidang, Lembang, Tempat Keramat Berpemandangan Indah

"Batu belang ini tempat keramat buat orang tua-orang tua dulu, sekarang juga masih ada yang percaya, mitosnya dipakai tempat bertapa"

TribunJabar/Syarif Pulloh Anwari
Bukit Batu Belang di Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat 

PESONA Bukit Batu Belang menjadi destinasi wisata unggulan di Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Objek wisata ini terkenal dengan nuansa spiritualnya di KBB dengan adanya 27 batu yang berada di atas puncak bukit tersebut dengan ketinggian kurang lebih 1.800 Mdpl.

Dari cerita rakyat, soal bukit Batu Belang ini dipakai untuk spiritual (pertapaan).

Bukit Batu Belang di Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Bukit Batu Belang di Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (Tribun Jabar/syarif pulloh anwari)

"Soal penamaan puncak Batu Belang ini saya pernah dengar dari sesepuh warga sini. Batu belang ini tempat keramat buat orang tua-orang tua dulu, sekarang juga masih ada yang percaya, mitosnya dipakai tempat bertapa, tapi mitos itu harus ngobrol sama sesepuh di sini, " ujar pengelola wisata Bukit Batu Belang, Ajew (38) di lokasi.

Soal penamaan Bukit Batu Belang ini juga menurut cerita, diambil dari sebuah hewan macan.

Menurut Ajew, Puncak Bukit Batu Belang ini pertama kali dibuka menjadi destinasi wisata khususnya di Desa Cikidang ini berawal dari ada mahasiswa siswa yang sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari kampus Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) yang dahulu terkenal dengan nama NHI.

Baca juga: Menikmati Kopi Cikidang di Ketinggian 1.800 MDPL Puncak Bukit Belang Lembang

"Dulu berawal hobi naik gunung, terus ada mahasiswa yang sedang KKN dari kampus NHI mencari spot untuk perkembangan destinasi wisata. Pemuda di sini antusias, alhamdulillah kami sudah memiliki surat legal untuk destinasi wisata ini. Dibuka awal tahun 2000-an, " ujarnya

Selama kurang 20 tahun lamanya, proses izin destinasi wisata Puncak Batu Belang ini sudah legal tembusan dari beberapa dinas, dari Desa Cikidang, Kementerian, Pemkab Bandung Barat, dan Perhutani.

Bukit Batu Belang, Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabbupaten Bandung Barat
Bukit Batu Belang, Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabbupaten Bandung Barat (TribunJabar/Syarif Pulloh Anwari)

Menurut Ajew yang memiliki Kedai Kopi di Bukit Batu Belang, kawsan ini masih ada habitat harimau Jawa.

"Di sini masih ada binatang buas seperti macan kumbang yang hitam tapi memang jarang kelihatan, namun suara masih terdengar. Harimau jawa, lima tahun kebelakang sempat ada. Selain itu ada lutung, monyet ekor panjang dan surili. Habitat burung juga di sini masih banyak jenisnya, " ujarnya.

Ajew sedang meracik kopi di Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat
Ajew sedang meracik kopi di Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (Tribun Jabar/syarif pulloh anwari)

Soal akses bisa dilalui jalur Kampung Cikareumbi dan Kampung Cisalasih, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Lamanya pendakian kurang lebih 30 menit melalui kedua jalur tersebut. 

Menurut Ajew sebelum adanya pandemi Covid-19, wisatawan yang banyak datang ke sini berasa dari daerah Jabodetabek.

Bukit Batu Belang di Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB)
Bukit Batu Belang di Desa Cikidang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) (Tribun Jabar/syarif pulloh anwari)

Namun kini, ia juga masih melakukan kebijakan pemerintah Kabupaten Bandung Barat untuk destinasi wisata tidak boleh melebihi 50 persen. 

Puncak Batu Belang juga menyuguhkan pemadangan alam nan indah. Dari tempat ini bisa melihat Gunung Tangkuban Parahu dan Puncak Eurad yang bisa dijadikan spot pecinta fotografi. (tribunjabar/syarif pulloh anwari) 

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved