Gua Lokasi Penemuan Fosil Gigi Hiu Akan Jadi Objek Wisata Geologi di Kabupaten Sukabumi

"Ada potensi seperti ini bukan dijual fosilnya, namun dimanfaatkan untuk dijual menjadi objek pariwisata"

Editor: Adityas Annas Azhari
Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin
Fosil gigi hiu yang ditemukan di gua Kampung Cigintung, Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi. 

FOSIL gigi hiu (Megalodon) ditemukan di sebuah gua di Kampung Cigintung, Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi.

Fosil yang ada sejak jutaan tahun lalu itu ternyata juga tersebar di sejumlah lokasi di Desa Gunungsungging. Desa itu pun didatangi Bupati Sukabumi, Marwan Hamami, Sabtu (9/1/2021).

Marwan mengatakan, gua situs purbakala fosil gigi hiu itu akan dijadikan cagar alam geologi. Selanjutnya dalam waktu dekat akan ada penilaian situ tersebut oleh Unesco Global Geopark.

Bupati Sukabumi Marwan Hamami meninjau lokasi gua tempat fosil gigi hiu di Kampung Cigintung, Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi,
Bupati Sukabumi Marwan Hamami meninjau lokasi gua tempat fosil gigi hiu di Kampung Cigintung, Desa Gunungsungging, Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, (Tribun Jabar/M Rizal Jalaludin)

"Lokasi tersebut kami akan jadikan cagar alam geologi guna pelestarian cagar alami. Ada potensi seperti ini bukan dijual fosilnya, namun dimanfaatkan untuk dijual menjadi objek pariwisata untuk wisata geologi, dilestarikan dan menjadi lokasi edukasi," katanya.

Marwan meminta potensi langka seperti ini jangan sampai habis sehingga memutus mata rantai sejarah yang perlu diketahui oleh generasi mendatang.

"Ini harus dilestarikan, agar anak cucu kita tahu bahwa ada peninggalan sejarah yang usianya jutaan tahun," tegasnya.

Ke depan, kata Marwan, akan dilakukan penataan di lokasi tersebut. Ia meminta masyarakat sama-sama berkomitmen melestarikan peninggalan sejarah tersebut. (tribunjabar/m rizal jalaludin)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved