Menikmati Aneka Kuliner Khas Sunda Sambil Berwisata di Saung Bumdes Pangandaran

Di Saung Bumdes ini selain untuk makan, banyak juga tempat untuk berselfie ria di beberapa saung. 

Tribun Jabar/Padna
Menu paket untuk 4 orang di Saung Bumdes Pangandaran 

OBJEK wisata di Kabupaten Pangandaran kerap menjadi tujuan wisatawan Jabar hingga mancanegara. Mereka kerap ke Pangadaran untuk melepas penat dengan liburan ke pantai dan destinasi lainnya.

Selain itu juga, pastinya mencari makanan kuliner khas Pangandaran yang enak dan tentunya suasana di tempat yang alami dan sejuk.

Salah satu objek wisata kuliner Jawa Barat adalah Rumah Makan Saung Bumdes yang terletak di kawasan Pantai Karang Tirta Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran.
 

Rumah Makan Saung Bumdes di kawasan Pantai Karang Tirta, Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran.
Rumah Makan Saung Bumdes di kawasan Pantai Karang Tirta, Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran. (Tribun Jabar/Padna)

Di tenpat ini suasananya sejuk.  Sambil mengisi liburan silakan mencoba  menyantap aneka makanan khas Sunda dan seaood yang sangat enak. 

Saung Bumdes milik Bunda Anggi ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 sampai pukul 17.00.

"Rumah Makan Saung Bumdes ini dibuka tepat satu tahun lalu, Sebelumnya saya buka rumah makan di objek wisata Pantai Madasari, Kecamatan Cimerak," kata Bunda Anggi kepada wartawan saat di rumah makannya, Senin (11/1/2021).

Tapi di Madasari, menurutnya, cuma ramai di hari Sabtu dan Minggu, sedangkan hari-hari biasa sepi karena hanya mengandalkan pengunjung yang berkunjung ke pantai. 

Nasi liwet khas Saung Bumdes Pangandaran
Nasi liwet khas Saung Bumdes Pangandaran (Tribun Jabar/Padna)

"Kalau sekarang beda, setelah buka rumah makan Saung Bumdes bekerja sama dengan pihak Desa Sukaresik, alhamdulillah selalu ramai walaupun yang datang itu baru warga sekitar Pangandaran saja," ucapnya. 

Di Saung Bumdes ini selain untuk makan, banyak juga tempat untuk berselfie ria di beberapa saung. 

"Rumah makan Saung Bumdes, tentunya menyediakan berbagai menu andalan baik masakan sunda maupun lainnya," ucapnya. 

Bunda memaparkan, menu yang tersedia antara lain nasi liwet, bakar ikan, seafood, paket 4 orang, seblak, dan makanan ringan seperti pisang cokelat.

Ikan bakar air tawar di Saung Bumdes Pangandaran
Ikan bakar air tawar di Saung Bumdes Pangandaran (TribunJabar/Padna)

"Harganya variatif, untuk paket nasi liwet dijual Rp 135.000 untuk empat orang dengan lauk air tawar. Ikannya itu bisa nila, mujaer, maupun ikan mas. Ada karedok serta goreng mendoan)," kata Bunda. 

Nah, kata bunda, kalau paket nasi liwet pakai ayam atau bakakak untuk 4 orang dibanderol Rp155 ribu. Menu itu sudah lengkap dengan mendoan dan juga Karedok. 

"Bagi pengunjung yang hobi menyanyi, di RM Saung Bumdes ini kami sediakan free karaoke. Bagi yang suka mancing, kami sediakan juga kolamnya," ucapnya. (tribun jabar/padna)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved