Mie Merapi

Ini Bukan Ramen Tapi Mi Kuah Rempah dari Bahan Rempah-rempah Asli Indonesia

"Mie Merapi ini menjadi new category di kategori mi dan menjadi salah satu ciri khas"

istimewa
sajian Mie Merapi yang rasanya kental rempah. 

BAGI pencinta kuliner di Bandung nama Mie Merapi tentu sudah tidak asing lagi untuk dikenal. Mulai berkembang sejak 2011 popularitas mie merapi ini tetap eksis hingga saat ini.

Mie Merapi adalah mie asli Indonesia yang disajikan dengan olahan kuah rempah yang hanya ada di Indonesia. 

Nama Merapi pun merupakan akronim dari Merah Putih Indonesia.

Berbagai menu dimsum yang kini ada di Mie Merapi
Berbagai menu dimsum yang kini ada di Mie Merapi (istimewa)

Hal ini menjadi ciri khas bahwa Mie Merapi memiliki ciri khas yang kental dengan Indonesia.

Bisa dikatakan jika Mie Merapi  ini menjadi pelopor mi kuah rempah nomor satu di Bandung, karena sejak 2011 belum hadir berbagai mi dengan tampilan ramen, namun dibuat dari rempah asli.

CEO Mie Merapi, Agit Bambang menceritakan sejarah perjalanan Mie Merapi. Dibentuk sejak 2011 kini Mie Merapi sudah memiliki banyak cabang di beberapa daerah.

"Mulanya hanya membuka satu cabang dan kini total sudah ada 13 cabang di Bandung, Cimahi, dan Tangerang. Imporvisasi produk makanan yang semakin bervariasi menjadi pilihan tepat yang semakin strategis hingga tahun 2020 ini, menjadikan Mie Merapi berkembang setiap tahunnya," ujar Agit, Rabu (6/1/2021).

Aneka camilan tersedia di Mei Merapi
Aneka camilan tersedia di Mei Merapi (istimewa)

Rasa dari menu mi tentunya tidak asing diterima oleh masyarakat, namun ternyata ada tantangan tersendiri yang dirasakan Agit saat membangun Mie Merapi.

Agit mengatakan tantangan di awal membangun Mie Merapi adalah banyak yang menyangka ini adalah mie ramen.

"Memang mie ini terinsprasi ramen karena tampilannya mirip. Tetapi 
bahan-bahan yang dipakai lebih cita rasa khas Indonesia," ucapnya.

Pada saat itu, kata Agit sebenarnya ada beberapa mi dengan cita rasa kuah rempah namun tidak di-branding spesifik sebagai mi rempah.

Mie Merapi pada saat itu mengusung mi kuah rempah, jadi menurutnya misal ada orang yang mengira dan bilang Mie Merapi ini ramen, jelas bukan.

"Mie Merapi ini adalah mi kuah rempah dan ini menjadi tagline kami dari awal hingga saat ini. Mie Merapi ini menjadi new category di kategori mi dan menjadi salah satu ciri khas, karena memang terletak dari mi kuah rempah yang kami sajikan," ujarnya.

Suasana di kedai-kedai Mie Merapi di Bandung dan Cimahi
Suasana di kedai-kedai Mie Merapi di Bandung dan Cimahi (istimewa)

Memasuki era new normal karena adanya pandemi Covid-19, Mie Merapi juga melakukan perubahan, terutama ada protokol kesehatan.

Semua pegawai wajib memakai atribut protokol kesehatan, dimulai dari masker, hand glove, face shield, dan juga di setiap outlet Mie Merapi menyediakan hand sanitizer, pengukur suhu, dan menerapkan social distancing.

"Selain itu, Mie Merapi juga melakukan improvisasi produk yang relevan dengan era new normal, termasuk tren frozen food," Kata Agit.

Selain menyajikan berbagai menu mie, Mie Merapi juga memiliki beberapa variasi menu seperti menu nasi, ceker, bakso, yamin, minuman, dessert, dan yang terbaru adalah menu dimsum. 

Harga yang cukup terjangkau, dimulai dari Rp 5.000-30.000 sudah bisa makan enak dan kenyang di Mie Merapi

Saat ini sudah terdapat 11 cabang yang tersebar di kota Bandung dan Cimahi. Rencana untuk membuka cabang selanjutnya akan berada di luar kota Bandung yaitu Jabodetabek, dan yang terdekat adalah pembukaan cabang di Pasar Lama, Tangerang.  (tribunjabar/putri puspita)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved