Kolam Berkabut Jadi Tempat Wisata dan Bikin Bernostalgia Saat Bandung Dulu Sering Turun Kabut

"Pemkot Bandung masih menutup sejumlah fasilitas ruang publik terkait penanganan Covid-19".

istimewa
Kolam berkabut di salah satu kolam retensi yang ada di kawasan Taman Puspa Kandaga, Jalan Citarum, Bandung. 

KOTA Bandung kini punya kolam berkabut di Taman Puspa Kandaga, Jalan Citarum. Kolam tersebut ada di salah satu kolam retensi yang ada di kawasan Taman Puspa Kandaga.

Kolam Berkabut  diresmikan Wali Kota Bandung Oded M Danial, Selasa (22/12). Namun kolam itu belum bisa dinikmati  harus menunggu hingga pandemi Covid-19 berakhir.

Oded berharap, kehadiran kolam berkabut bisa memberikan manfaat untuk warga Kota Bandung bisa meminimalisir banjir di hilir.

Peresmian kolam berkabut di salah satu kolam retensi yang ada di kawasan Taman Puspa Kandaga, jalan Citarum, Selasa (22/12/2020).
Peresmian kolam berkabut di salah satu kolam retensi yang ada di kawasan Taman Puspa Kandaga, jalan Citarum, Selasa (22/12/2020). (istimewa)

Oded mengatakan, kolam ini mengoptimalisasinya dengan menambahkan kabut dan instalasi saringan, untuk menjadikan air yang masuk ke kolam menjadi lebih jernih.

Kabut yang dihasilkan bukan hanya serupa asap, namun juga diberikan relaksasi.  Hal ini juga bisa sebagai objek wisata taman.

Kabut yang dibuat bukan hasil proses kimia tapi menggunakan pendekatan proses fisika melalui mist technology.

Kabut ini dibuat dengan memanfaatkan pompa bertekanan tinggi untuk menekan air melalui nozzle berdiameter nano.

Sehingga menghasilkan butiran sangat kecil. Air yang digunakan berasal dari air tanah yang diambil langsung secara terpisah dari aliran sungai, guna memastikan keamananya.

Oded menegaskan, area kolam berkabut ini masih belum diperkenankan untuk diakses masyarakat.

"Pemkot Bandung masih menutup sejumlah fasilitas ruang publik terkait penanganan Covid-19 yang level kewaspadaannya saat ini masih berada di zona merah," ujar Oded.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved