Ayam Opor Honje, Menu Andalan Ruang Santap, Rasanya Gurih Manis Mengenyangkan

"Selain menjadi arsitek, saya dari dulu juga memang hobi memasak opor ayam. Maka dari itu saya turut menghadirkan menu tersebut di Ruang Santap"

Tribun Jabar/Fasko Dehotman
Opor ayam honje yang disajikan di Ruang Santap, Jalan Cijerokaso, Bandung 

MENU opor ayam sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia untuk menghidangkannya saat Lebaran. Seiring berkembangnya zaman, opor ayam pun juga disajikan untuk santapan hari biasa di rumah.

Bahkan beberapa tempat makan juga menyediakan menu opor ayam sebagai hidangan utama.

Seperti halnya Ruang Santap di Jalan Cijerokaso, Cluster Green Resindence Unit F, Sarijadi, Kota Bandung, yang turut menyuguhkan menu opor ayam untuk para pelanggan mereka.

Nama menu di tempat makan tersebut adalah ayam opor honje yang disajikan secara paket komplet.

Opor ayam honje di Ruang Santap, Jalan Cijerokaso, Cluster Green Resindence Unit F, Sarijadi, Kota Bandung
Opor ayam honje di Ruang Santap, Jalan Cijerokaso, Cluster Green Resindence Unit F, Sarijadi, Kota Bandung (Tribun Jabar/Fasko Dehotman)

Satu porsinya terdiri dari nasi putih, satu bakwan, taburan rempah honje, bawang goreng, sambal bumbu honje, serta kuah santan opor yang berisikan daging dada ayam.

Selain itu, seporsi daging ayam opor ini juga memiliki potongan yang lebih besar dan kuah yang cukup banyak. Sehingga satu potongnya saja sudah cukup puas disantap sendiri.

Saat disajikan kuah opornya tercium aroma wangi dari rempah honje yang digunakan. Cita rasa ayam opornya lebih cenderung terasa gurih manis.

Tekstur daging ayam oporya juga lembut, bahkan semakin nikmat menyantapnya bersama nasi hangat dan sepotong bakwan.

Sambal bumbu honje yang digunakan memang pas untuk menemani menu ayam opor honje ini, pastinya lebih terasa pedas di lidah.

Pemilik Ruang Santap, Wandy Rustandi, menuturkan, bagi penyuka makanan ala kampung, kehadiran menu ayam opor honje di tempatnya tentu menjadi daya tarik pengunjung.

Menurutnya, ayam opor honje ini telah menjadi menu favorit pengunjung di tempatnya sejak baru dibuka akhir 2019.

"Selaim enak dan mengenyangkan, menu tersebut juga bisa membangkitkan selera makan," ujar Wandy kepada Tribun Jabar, ditemui di Ruang Santap, Kamis (10/12/2020).

Wandy menceritakan, menu Ayam Opor Honje ini merupakan racikannya sendiri. Ia mendapatkan resep ayam opor honje dari keluarganya saat ia masih tinggal di Cianjur.

"Selain menjadi arsitek, saya dari dulu juga memang hobi memasak opor ayam. Maka dari itu saya turut menghadirkan menu tersebut di Ruang Santap," kata Wandy.

Bagi Anda yang tertarik mencicipinya, satu ayam opor honje ini dihargai Rp 30.000.

Ruang Santap dibuka setiap hari pada pukul 10.00 hingga 19.00. (tribunjabar/fasko dehotman)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved