Wayang Windu Panenjoan di Pangalengan, Destinasi Wisata Indah yang Murah Meriah, Bisa untuk Berkemah

“Patokannya sampai bundaran Pangalengan belok kiri, arah kiri ya bukan kanan".

kompas.com/Instagram @wwp1800skypark
Hamparan kebun teh di Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan, Kabupaten Bandung. 

PANGALENGAN,Kabupaten Bandung terkenal dengan alamnya yang luar biasa indah dan instagramable.

Hamparan kebun teh, perbukitan sejauh mata memandang, dan adanya Situ Cileunca yang terkenal jadi pesona tersendiri bagi Pangalengan.

Tak hanya Situ Cileunca, Pangalengan juga punya banyak sekali tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan. Salah satu yang sedang viral di media sosial adalah Wayang Windu Panenjoan.

Wayang Windu Panenjoan merupakan salah satu tempat wisata yang dikelola warga asli daerah Kertamanah, Pangalengan.

Letaknya ada di Kebun Teh Kertamanah yang memiliki luas mencapai 13 hektare dan berada di ketinggian 1.800 meter di atas permukaan laut (mdpl).

jembatan untuk melihat pemandangan hamparan kebun di Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan, Kabupaten Bandung
jembatan untuk melihat pemandangan hamparan kebun di Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan, Kabupaten Bandung (kompas.com/Instagram @wwp1800skypark)

“Destinasi baru lah, berdiri sekitar November 2019. Konsepnya wisata alam murah meriah dijangkau semua kalangan di ketinggian 1.800 mdpl,” kata pengelola wisata Wayang Windu Panenjoan, Deru, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (8/12/2020).

Wayang Windu Panenjoan menawarkan wisata alam dengan panorama indah perkebunan teh di segala penjuru.

“KataPanenjoan itu artinya selayang pandang, penglihatan. Jadi sejauh mata memandang, keasrian yang terlihat, kesejukan, kenyamanan, bikin hati happy,” ujar Deru.

 Wayang Windu Panenjoan hingga kini masih dikelola warga asli Kertamanah. Penggagasnya ada tiga orang, yakni Cecep Bule, Cacang, dan Abah Mamat.

Jam operasional Wayang Windu Panenjoan adalah setiap hari pukul 06.00-18.00.

Namun jika kamu ingin berwisata ke sana pada malam hari sambil berburu foto milky way, pengelola masih bisa melayani. Syaratnya adalah melakukan konfirmasi pada pengelola lewat akun Instagram @wwp1800skypark. Pengelola akan melayani selama 24 jam.

Tiket masuknya adalah Rp 10.000 per orang, dengan tarif parkir Rp 3.000 untuk sepeda motor, dan Rp 5.000 untuk mobil.

Wayang Windu Panenjoan juga melayani kegiatan camping (berkemah). Ada beberapa spot camping yang bisa digunakan para wisatawan.

Untuk tarif camping per orang adalah Rp 20.000. Jumlah tersebut belum termasuk biaya keamanan Rp 10.000 dan biaya parkir kendaraan.

hamparan kebun teh di Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan, Kabupaten Bandung
hamparan kebun teh di Wayang Windu Panenjoan, Pangalengan, Kabupaten Bandung (kompas.com/Instagram @wwp1800skypark)

Untuk parkir menginap sepeda motor Rp 6.000, dan untuk mobil Rp 10.000. Jika ingin camping kamu perlu melakukan konfirmasi maksimal satu jam sebelum kedatangan. Jika tak membawa alat-alat camping, kamu juga bisa menyewanya di sana.

Menuju Wayang Windu Panenjoan, rutenya tak terlalu sulit. Jika kamu datang dari arah utara, tepatnya keluar dari Gerbang Tol Ketapang, Tol Soreang-Pasir Koja, kamu hanya perlu mengarahkan kendaraan ke arah Banjaran.

Dari Banjaran terus menuju ke Cimaung, lalu ke Pangalengan, dan sampai di Wayang Windu Panenjoan. Jaraknya kurang lebih 41 kilometer (km) dari Gerbang Tol Ketapang.

“Patokannya sampai bundaran Pangalengan belok kiri, arah kiri ya bukan kanan. Kalau kanan kan ke Cileunca, Ranca Buaya. Ini belok kiri. Sekitar 9 km dari bundaran depan Kecamatan Pangalengan,” katanya.

 Untuk kondisi jalannya sendiri sudah sangat bagus dan aman untuk dilalui semua jenis kendaraan.

Termasuk bus besar, kata Deru, sudah bisa mengakses jalan menuju Wayang Windu Panenjoan dengan aman dan nyaman.  Area parkirnya pun cukup menampung bus besar. Kondisi jalannya bagus dan tidak ekstrem, sehingga relatif mudah dilalui. (kompas.com/syifa nuri khairunnisa)

Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved