Rumah Sepeda Indonesia Tempat yang Tepat untuk Singgah dan Kongko bagi Penggemar Gowes

"Jadi di sini, bisa kumpul komunitas sepeda baik yang penggemar goes dan para pengusaha perlengkapan sepeda"

TribunJabar/Putri Puspita
Ketua Bike To Work (B2W), Poetoet Soedarjanto saat pembukaan Rumah Sepeda Indonesia 

KABAR gembira bagi Anda yang memiliki hobi sepeda, karena saat ini Bandung memilki Rumah Sepeda Indonesia yang berada di Jalan Sumbawa No 28.

Rumah Sepeda Indonesia (RSI) ini bisa menjadi alternatif bagi para komunitas sepeda yang ada di Bandung untuk bertemu antar komunitas.

Sebelumnya RSI ini sudah ada di Semarang dan Jakarta dan rencananya akan segera rilis di Bali pada 18 Desember 2020 mendatang.

komunitas sepeda yang berkunjung di Rumah Sepeda Indonesia
komunitas sepeda yang berkunjung di Rumah Sepeda Indonesia (TribunJabar/Putri Puspita)

Ketua Bike To Work (B2W), Poetoet Soedarjanto mengatakan, RSI ini bukan hanya untuk komunitas B2W saja, berbagai komunitas bisa datang untuk berbagai informasi tentang hobi sepeda.

"Kami punya misi ingin meningkatkan jumlah pesepeda. Salah satu caranya adalah membangun sekretariat bersama supaya menjadi wadah berkumpulnya teman-teman penggiat sepeda apapun klubnya," ujar Poetoet.

Lokasi RSI ini dekat Taman Musik dan berada di satu kawasan dengan Work Coffee.

Memasuki RSI, Anda bisa menemukan beberapa spot toko berbeda di dalamnya.

Ketika memasuki RSI, Anda akan menemukan coffee shop dengan konsep natural minimalis yang didalamnya terdapat tanaman dan pohon hijau.

Lalu di bagian tengah area outdoornya, dikelilingi toko-toko UKM yang menjual berbagai peralatan pakaian dan aksesori.

suasana di Rumah Sepeda Indonesia di Jalan Sumbawa No 28 Bandung
suasana di Rumah Sepeda Indonesia di Jalan Sumbawa No 28 Bandung (TribunJabar/Putri Puspita)

Menariknya, di dalam RSI ini terdapat berbagai peralatan yang menjual apparel seperti kaos, bandana, dan aksesoris seperti lampu, bel sepeda dan berbagai kebutuhan yang berhubungan dengan sepeda.

Para komunitas yang beristirahat di RSI ini bisa berbagi informasi seputar sepeda sambil menyeruput segarnya es kopi susu di Work Coffee.

Poetoet juga mengajak para komunitas menularkan semangat bersepeda dalam kegiatan sehari-hari yang merupakansolusi tanpa polusi.

Komunitas B2W ini memiliki 4 pilar kegiatan, diantaranya advokasi atas hak pengguna sepeda, edukasi, kampanye, dan kegiatan sosial.

"Nah 4 pilar ini kami dorong teman-teman komunitas sepeda untuk sama-sama melakukannya. Sehingga pada titik tertentu, sepeda akan menjadi alat mobilitas warga, " ujarnya.

suasana Rumah Sepeda Indonesia di Jalan Sumabwa N0 28 Bandung
suasana Rumah Sepeda Indonesia di Jalan Sumabwa N0 28 Bandung (TribunJabar/Putri Puspita)

Dengan menggunakan sepeda, Poetoet melihat soal permasalahan polusi udara, kemacetan, kecelakaan tinggi, bisa diturunkan.

Sementara itu jika melihat fasilitas sepeda di Bandung, Poetoet mengakui masih belum sepenuhnya layak.

Namun ia melihat ada niat baik dari Pemkot bersama dinas terkait yang sudah merancang pembangunan jalur sepeda

"Tadi saya ngobrol dengan Dishub, tahun ini sudah sekian kilometer, tahun depan juga sudah dirancang, ini langkah baik, sekecil apapun langkah itu kami harus apresiasi Pemkot, " ujarnya.

Ditemui di lokasi yang sama, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Ricky Gustiadi  mengatakan dengan adanya RSI, kini Bandung sudah punya tempat komunitas sepeda.

"Jadi di sini, bisa kumpul komunitas sepeda baik yang penggemar goes dan para pengusaha perlengkapan sepeda dan di rumah singgah ini bisa kumpul," ujar Ricky.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved