Pantai Tirta Ayu, Pantai Legendaris yang Terlahir Kembali, Ada Desa Wisata Dermayu

Kami fokus pada penghijauan melalui penanaman 2.000 pohon cemara di sepanjang pesisir Pantai Tirta Ayu, serta perbaikan dan pembangunan sarana

Editor: Adityas Annas Azhari
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Pantai Tirta Ayu di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu 

PANTAI Tirta Ayu menjadi surga tersembunyi yang terlahir kembali di Kabupaten Indramayu. Wisata pantai yang berlokasi di balik pemukiman warga di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu itu sempat ditutup lama akibat abrasi.

Kini, Pantai Tirta Ayu menjelma menjadi objek wisata kekinian dengan beragam aneka spot foto yang unik. Menariknya spot cantik itu rupanya terbuat dari aneka limbah dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Kembali dibenahinya salah satu pantai legendaris di Kabupaten Indramayu ini berangkat dari keprihatinan warga setempat akan terbengkalainya setempat sejak lama.

"Inisiatif perbaikan ini secara swadaya bersama warga Desa Balongan," ujar Salah seorang warga, Gunawan (33) kepada Tribun, Kamis (19/11).

Pantai Tirta Ayu di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu
Pantai Tirta Ayu di Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Gunawan menceritakan, pemulihan terhadap Pantai Tirta Ayu sebenarnya sudah dilakukan sejak tahun 2017. Saat itu pantai setempat beralih menjadi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang dikelola Desa Balongan. Namun pembenahan belum dapat dilakukan secara maksimal.

"Warga inginnya Pantai Tirta Ayu dapat kembali menjadi lokasi wisata untuk warga di sini, seperti sebelum terdampak abrasi," ujarnya.

Pada tahun 2020, PT Pertamina (Persero) melalui Integrated Terminal Balongan pun secara bertahap mencoba mengembangkan potensi yang ada di lokasi Pantai Tirta Ayu. Di sana disulap menjadi sebuah desa wisata yang dikenal dengan Dermayu (Desa Wisata Pantai Tirta Ayu).

Unit Manager Communication, Relations & CSR Marketing Operation Region III Pertamina, Eko Kristiawan mengatakan, pihaknya bergerak membantu mengembangkan potensi wisata dan penghijauan lingkungan di sekitar wilayah operasi Integrated Terminal Balongan.

Baca juga: Kue Apem Empuk ditambah Manis dari Gula Merah Dinikmati Warga Indramayu Saat Tradisi Rebo Wekasan

“Tahun 2020 ini merupakan tahap pertama pengembangan program Dermayu. Kami fokus pada penghijauan melalui penanaman 2.000 pohon cemara disepanjang pesisir Pantai Tirta Ayu, serta perbaikan dan pembangunan sarana dan prasarana dasar untuk lokasi wisata. Seperti pengadaan tempat sampah dan area bermain, yang dapat dimanfaatkan oleh wisatawan,” ujarnya.

Pertamina, disampaikan Eko, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), berkomitmen mendukung pelestarian lingkungan dan mendorong kemandirian masyarakat di sekitar wilayah operasinya, salah satunya di wilayah pesisir Balongan.

Eko menambahkan, selain rusaknya area bibir Pantai Tirta Ayu, abrasi saat itu juga berdampak besar pada ekosistem pantai. Hal ini pun turut mempengaruhi mata pencaharian nelayan di wilayah Pantai Tirta Ayu.

“Melalui program Dermayu ini, kami ingin membantu menghidupkan kembali daerah wisata potensial yang ada di Balongan. Sehingga selain melestarikan lingkungan pesisir pantai melalui penghijauan, program ini dapat menciptakan peluang ekonomi baru yang dapat dikelola oleh masyarakat setempat,” ucap dia. (tribuncirebon/handhika rahman)

Sumber: Tribun Cirebon
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved