Asyiknya Panen Mangga Agrimania yang Memiliki Rasa Unik, Laris Meski Harganya Lumayan Mahal

Memasuki tahun ketiga, ini merupakan kedua kalinya panen mangga agrimania yang merupakan jerih payah kelompok WTC dan kami menargetkan panen satu ton

Tribun Jabar/Handhika Rahman
Suasana panen mangga agrimania di kebun seluas 4,5 hektar di Perumahan Pertamina Bumi Patra, Kabupaten Indramayu, Minggu (15/11). Meski harga mangga agrimania ini tergolong mahal, buah yang jadi primadona di Pantura Jabar ini rupanya banyak penggemar. 

NOVEMBER ini menjadi panen raya mangga agrimania. Mangga yang menjadi varietas unggulan di Kabupaten Indramayu ini siap dipanen dan dikirim untuk memenuhi permintaan.

Hal ini seperti yang terlihat di kebun seluas 4,5 hektar di Perumahan Pertamina Bumi Patra Indramayu. Mangga-mangga itu sudah matang dengan bobot sekitar 800 gram sampai 1 kilogram per buah.

General Manager RU VI Balongan, Hendri Agustian, mengatakan, mangga unggulan jenis baru ini mulanya dikembangkan oleh H Urip, petani dari Desa Nunuk, Kecamatan Lelea, Kabupaten Indramayu.

Suasana panen mangga agrimania di kebun seluas 4,5 hektar di Perumahan Pertamina Bumi Patra, Kabupaten Indramayu, Minggu (15/11/2020). Meski harga mangga agrimania ini tergolong mahal, buah yang jadi primadona di Pantura Jabar ini rupanya banyak penggemar.
Suasana panen mangga agrimania di kebun seluas 4,5 hektar di Perumahan Pertamina Bumi Patra, Kabupaten Indramayu, Minggu (15/11/2020). Meski harga mangga agrimania ini tergolong mahal, buah yang jadi primadona di Pantura Jabar ini rupanya banyak penggemar. (Tribun Jabar/Handhika Rahman)

Melihat prospek yang bagus di pasaran, Pertamina RU VI Balongan pun melalui program corporate social responsibility (CSR) berinisiatif membuat program budidaya mangga agrimania.

“Di Lahan seluas 4,5 hektare, RU VI memberdayakan Kelompok Wong Tanggul Ceblok (WTC) sebagai mitra binaan dalam pelaksanaan program tersebut,” ujar dia kepada Tribuncirebon.com, Minggu (15/11).

Hendri mengatakan, budidaya ini sekaligus menjadi program Development Pertamina yang diperuntukkan bagi masyarakat sekitar guna membantu peningkatan penghasilan.

Sebagai penunjang, Pertamina RU VI Balongan juga membangun saung energi sebagai tempat berteduh dengan ukuran 3,5 meter.

Saung energi ini juga dilengkapi solar cell sebagai daya untuk menggerakkan mesin pompa otomatis untuk mengairi kebun.

Panen mangga Agrimania
Panen mangga Agrimania (Tribun Jabar/Handhika Rahman)

“Memasuki tahun ketiga, ini merupakan kedua kalinya panen mangga agrimania yang merupakan jerih payah kelompok WTC dan kami menargetkan panen satu ton agrimania tahun ini,” ujarnya.

Ia menambahkan, budidaya mangga agrimania yang dilakukan Pertamina telah memperoleh sertifikat dari Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dan Hortikultura Jawa Barat. Kini, hanya menunggu sertifikat Prima agar bisa dijual ke sejumlah supermarket eksklusif di Bandung.

Harga mangga agrimania ini tergolong fantastis bisa mencapai Rp 85.000-100.000 per kilogram. Walau mahal, mangga yang jadi primadona di Pantura Jabar ini rupanya banyak penggemar.

Mangga tersebut, diakui Hendri, selalu habis terjual diburu, bahkan saat baru dipetik dari kebun.
Unit Manager Communiction, Relation and CSR Pertamina RU VI Balongan, Cecep Supriyatna menambahkan, program budidaya mangga agrimania akan direflekasikan juga kepada kelompok tani binaan PT Pertamina lainnya.

Suasana panen mangga agrimania di kebun seluas 4,5 hektar di Perumahan Pertamina Bumi Patra, Kabupaten Indramayu, Minggu (15/11). Meski harga mangga agrimania ini tergolong mahal, buah yang jadi primadona di Pantura Jabar ini rupanya banyak penggemar.
Suasana panen mangga agrimania di kebun seluas 4,5 hektar di Perumahan Pertamina Bumi Patra, Kabupaten Indramayu, Minggu (15/11). Meski harga mangga agrimania ini tergolong mahal, buah yang jadi primadona di Pantura Jabar ini rupanya banyak penggemar. (Tribun Jabar/Handhika Rahman)

Pertamina berharap ke depan akan lebih banyak lagi kelompok-kelompok tani binaan yang mengikuti jejak WTC, hal tersebut sebagai upaya agar para patani memiliki penghasilan tambahan.

“Prospek mangga agrimania ini menjanjikan. Rasanya juga unik karena perpaduan antara cengkir, harum manis, dan mangga gedong," ujarnya. (tribuncirebon.com/handhika rahman)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved