Olahan Bayi Ikan Nila Buatan Imelda Ini Dapat Ditemui di Minimarket di Sukabumi

“Alhamdulillah, saat ini pemasaran produknya sudah masuk ke Alfamart wilayah Sukabumi, dengan demikian produknya akan lebih mudah ditemukan"

Tribun Jabar/Fauzi Noviandi
Hasil olahan baby fish yang dikemas dan siap jual di Sukabumi 

BERAWAL untuk membantu meningkatkan penghasilan para petani ikan di Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Imelda Delfina (45) berhasil membuat olahan ikan baby fish tilapia alias bayi ikan nila menjadi makanan favorit masyarakat.

Berkat inovasi wanita kelahiran Pematang Siantar itu membuat olahan ikan merambah di berbagai segmen pasar, termasuk ritel modern. Selasa (10/11/2020).

Dibantu dengan dua orang tetangganya, Imelda merintis usahanya sejak 2012.

Cara pengolahannya pun masih sederhana, ikan yang masih kecil itu dibelinya dari petani di sekitar Cisaat, lalu dipilih sesuai ukuran, lalu dibersihkan kemudian dimasak hingga produknya siap untuk dikemas untuk dipasarkan di sejumlah toko swlayan.

mengolah ikan kecil (baby fish) nila
mengolah ikan kecil (baby fish) nila (Tribun Jabar/Fauzi Noviandi)

Di tangan wanita kreatif itu, baby fish tilapia diolah menjadi penganan lezat dan bergizi, yang tentu saja produk olahannya memiliki nilai jual lebih baik. Bahkan, produknya dengan merek Happy Taste itu kini sudah bisa dijumpai di etalase Alfamart.

Hampir selama delapan tahun bisnis yang digeluti Imelda pun semakin betkembang, saat ini ia dibantu 10 orang karyawannya dengan mengolah tak kurang dari 60 kilogram baby fish untuk sekali produksi.

Namun saat ketika pandemi Covid-19 bisnis yang dijalaninya terdampak, tingkat penjualannya pun menurun drastis, dan dirinya terpaksa mengurangi jumlah karyawan untuk menjalankan bisninya yang sudah terkenal itu.

“Sebelum pandemi covid19, jumlah karyawan saya 10 orang, karena pandemi dan pesanan pun menurun maka karyawan pun saya kurangi,” kata Imelda saat diwawancari di tempat pengolahan baby fish

Di tengah pandemi Covid-19, dirinya sangat merasa beruntung karena bisa memasarkan produknya di Alfamart, sehingga bisnisnya masih berjalan dan bertahan hingga saat ini.

Pengolahan baby fish ikan nila
Pengolahan baby fish ikan nila (Tribun Jabar/Fauzi Noviandi)

“Alhamdulillah, saat ini pemasaran produknya sudah masuk ke Alfamart wilayah Sukabumi, dengan demikian produknya akan lebih mudah ditemukan oleh masyarakat,” katanya

Tidak hanya baby fish, Imelda juga kini sudah mengembangkan tak kurang 12 jenis produk olahan penganan yang berasal dari ikan dan sayuran yang langsung dibeli dari petani di sekitar wilayahnya.

“Saya sangat ingin para petani, khususnya di Sukabumi bisa maju dan sejahtera. Oleh karena itu saya mah ambil bahan bahan dari petani sekitar Sukabumi,” katanya. (tribunjabar/fauzi noviandi)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved