Jernihnya Air Curug Sawer, Sejuknya Pepohonan Pinus, Bikin Lelah Terobati

"Pemandangannya cukup indah, terbayarkan lelah gowes ke sini, puas dengan airnya yang sangat bersih".

Editor: Adityas Annas Azhari
TribunJabar/Syarif Pulloh Anwari
Curug Sawer di Kampung Asrama Radio, Desa Cililin Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB). 

KABUPATEN Bandung Barat (KBB) seperti tidak pernah habisnya untuk diekplorasi, terutama untuk para pecinta alam. Contohnya Curug Sawer Cililin ini.

Daerah Cililin Kabupaten Bandung Barat selain terkenal dengan panganan wajit Cililin, mempunyai banyak air terjun (curug) yang indah.

Salah satunya adalah Curug Sawer ini yang terletak di Kampung Asrama Radio, Desa Cililin Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat.

Untuk mengakses ke lokasi tempat Curug Sawer Cililin ini bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Gerbang ke objek wisata Curug Sawer di Kampung Asrama Radio, Desa Cililin Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB).
Gerbang ke objek wisata Curug Sawer di Kampung Asrama Radio, Desa Cililin Kecamatan Cililin, Kabupaten Bandung Barat (KBB). (Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari)

Perjalanan terbilang cukup mudah, namun lumayan jauh jika berangkat di Kota Bandung. Membutuhkan waktu satu setengah jam untuk sampai ke lokasi air terjun tersebut.

Curug Sawer Cililin ini bisa di akses dari arah Kota Bandung menuju ke Padalarang melanjutkan ke arah Batujajar-Cihampelas dan akhirnya Cililin.

Selain itu, jika datang dari arah lain, yakni Kabupaten Bandung, bisa menggunakan jalur Jalan Kopo Sayati menuju ke jalan Taman Kopo Indah, mengikuti jalur Pameuntasan ke arah Cipatik-Cililin.

Mengambil arah ke Cihampelas-Cililin, jalur ini lebih dekat aksesnya hanya membutuhkan waktu 50 menit untuk sampai ke lokasi Curug Sawer Cililin.

Saat di Jalan Raya Cililin disuguhkan pemandangan perbukitan serta trek jalan yang banyak tanjakan dan turunan, namun harus berhati-hati sebab kondisi jalan banyak berlubang.

Dari jalur Jalan Raya Cililin saat ada belokan tajam terdapat sekolah bernama SMA 1 Cililin dan Markas Koramil Cililin, dari situ hanya berjarak 300 meteran untuk sampai ke gapura pintu masuk Curug Sawer Cililin.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved