Ada 20.000 Spesimen Tumbuhan di Kebun Raya Kuningan, Kebun Raya Terbesar di Indonesia

“Ada sembilan zona tematik yang di dalamnya ada beberapa taman seperti taman rock garden atau tumbuhan bebatuan, taman awi atau bambu,”

istimewa
landmark Kuda Kuningan di Kebun Raya Kuningan 

OBJEK wisata unggulan di Kabupaten Kuningan adalah Kebun Raya Kuningan (KRK) yang memiliki luas lahan 156 hektare. Kebun raya ini berada di bekas lahan perkebunan swasta. Inilah kebun raya terluas dan terbesar di Indonesia.

Kebun Raya Kuningan, berada di kaki Gunung Ciremai, tepatnya di Desa Padabeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Sekitar satu jam 20 menit dari pusat Kota Kuningan, dan 1.5 jam dari Kota Cirebon, tanpa macet.

KRK dibangun pada masa pemerintahan bupati H Aang Hamid Suganda yang menjabat dua periode 2003–2013.

Salah satu zona di Kebun Raya Kuningan
Salah satu zona di Kebun Raya Kuningan (Tribun Jabar/Ahmad Ripai)

Menurut Kepala UPTD Kebun Raya Kuningan, Asep Julkarnaen, wisata alam tersebut berada di ketinggian sekitar 870 meter di atas permukaan laut (MDPL) yang dikelola langsung oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan dan dibina oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Tujuan wisatawan pertama di KRK biasanya ke landmark Patung Kuda Kuningan. Menuju patung ini, wisatawan perlu sedikit jalan menanjak. Dari atas patung kuda tersebut kita bisa melihat ke sekeliling 360 derajat KRK.

Taman Kuning di Kebun Raya Kuningan
Taman Kuning di Kebun Raya Kuningan (Kompas.com/m irzal adiakurnia)

Taman Kuning juga merupakan objek di KRK yang ramai dijadikan wisatawan berfoto. Taman yang ditumbuhi khusus bunga-bunga dan buah berwarna kuning ini memang menyita mata. Terlebih kombinasi gundukan batu vulkanik yang menambah kesan artistik.

Selain taman kuning, ada juga ragam fasilitas dan zona-zona tematik unik lainnya. Antara lain, Taman Tematik Mangga, Taman Bambu, Zona Vegetasi Gunung Ciremai, Green House, dan masih banyak lainnya.

“Ada sembilan zona tematik yang di dalamnya ada beberapa taman seperti taman rock garden atau tumbuhan bebatuan, taman awi atau bambu, dan taman tumbuhan endemik Ciremai,” kata Aep Julkarnaen.

Kebun raya Kuningan di Desa Padabeunghar, Pasawahan, Kuningan,
Kebun raya Kuningan di Desa Padabeunghar, Pasawahan, Kuningan, (Tribun Jabar/Ahmad Ripai)

Di samping itu juga ada bundaran air mancur, yang dihiasi warna-warni bunga begonia. Di sisi bagian barat KRK, dialiri Sungai Cipari. Salah satu perlintasannya yang berbentuk cekungan juga menjadi situ atau danau alami.

Salah satu ciri khas KRK dibanding kebun raya lain ialah banyaknya bebatuan vulkanik yang besar. Uniknya, batuan tersebut terletak pada posisi yang artistik, bagus untuk spot foto.

Lalu persawahan yang berada di sekitar kawasan juga menambah daya tarik KRK sebagai obyek wisata yang alami. (tribunjabar/ahmad ripai/kompas.com/muhammad irzal adiakurnia)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved