Desa Wisata Cibuntu di Kabupaten Kuningan yang Memesona, Raih Juara Pariwisata Tingkat ASEAN

“Acara Sedekah Bumi, adalah acara adat tasyakur binimah atas segala rezeki dan berkah yang Allah berikan kepada masyarakat Desa Cibuntu,”

TribunJabar/Ahmad Ripai
Suasana Desa Cibuntu, di Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan 

KABUPATEN Kuningan tidak hanya terkenal akan Gunug Ciremainya yang gagah. Tepat di bawah kaki gunungnya, ada satu desa wisata yang tidak kalah memesona.

Desa itu dikenal dengan nama Desa Wisata Cibuntu, terletak di Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Pesona dan ragam prestasi yang diraih desa wisata ini pun turut menjadi perhatian Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Dalam akun Instagramnya @ridwankamil, Emil, sapaan akrabnya menyebut bahwa desa ini adalah desa juara di level ASEAN untuk pariwisata.

kandang domba di Desa Cibuntu
kandang domba di Desa Cibuntu (Tribun Jabar/Ahmad Ripai)

“Desa yang ikatan sosialnya sangat kompak dan pelestarian alamnya paripurna. Desa Cibuntu adalah desa juara di level ASEAN untuk pariwisata,” tulis Emil dalam akun Instagramnya.

Ucapan Emil tersebut memang terbukti adanya. Desa Wisata Cibuntu pernah menyabet sebagai desa wisata terbaik urutan kelima tingkat ASEAN pada 2016 untuk bidang homestay.

Ada 2017, desa ini juga terpilih sebagai desa wisata terbaik peringkat dua di Indonesia dalam perhelatan community based tourism (CBT) Kementerian Pariwisata Indonesia.

Lalu, apa saja yang menarik di Desa Wisata Cibuntu sehingga menjadi idola bagi Gubernur Jawa Barat dan masyarakatnya?

Curug Gongseng di Desa Cibuntu Kuningan
Curug Gongseng di Desa Cibuntu Kuningan (Warta Kota)

Desa ini terkenal karena memiliki suasana berhawa dingin dan sejuk. Hal ini karena lokasinya yang berada di bawah kaki Gunung Ciremai.

Wisatawan bisa menikmati keindahan alam di desa ini dengan hawa dinginnya. Terlebih dengan pemandangan indah di sekeliling desa berupa hamparan rerumputan hijau membentang di kaki gunung.

Hawa sejuk juga timbul karena adanya Air Terjun Gongseng yang bisa kita kunjungi.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved