Objek Wisata Baru di Sumedang

Taman Batu Ciagung di Jatigede, Sumedang, Lokasinya Eksotis, Namun Belum Ditata Maksimal

"Sekarang juga sudah banyak yang ke sini untuk selfie karena belum ditata saja tempatnya sudah lumayan bagus,"

Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Para pengunjung menikmati senja keindahan Taman Batu Ciagung di Desa Mekarasih, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

SEJUMLAH batu raksasa menghiasi area pesawahan di Desa Mekarasih, Kecamatan Jatigede, menjadi lokasi wisata baru di Kabupaten Sumedang.

Hampir setiap hari lokasi ini ramai dikunjungi wisatawan. Tak hanya dari Sumedang, tapi juga luar kota seperti Bandung dan Jakarta.

Warga menyebutnya sebagai Taman Batu Ciagung. Letaknya persis di pinggir Jalan Lingkar Timur Jatigede. Dari jalan itu, pengunjung tinggal berjalan sedikit untuk menikmati keindahannya.

Sebagian batu-batu raksasa ini terhubung dengan jembatan kecil yang terbuat dari bambu. Ada keasyikan sendiri meniti jembatan ini. Dari jembatan itu, warga bisa melihat keindahan Jalan Lingkar Timur Jatigede hampir sejauh mata memandang.

Para pengunjung menikmati keindahan Taman Batu Ciagung di Desa Mekarasih, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang.
Para pengunjung menikmati keindahan Taman Batu Ciagung di Desa Mekarasih, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang. (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

Tak hanya itu, hamparan hutan pinus yang hijau, yang sudah ditata menjadi camping ground, juga menjadi pemandangan yang menakjubkan dari jembatan ini.

Santi Afriyanti (28), salah seorang pengunjung, mengatakan keindahan alam di Taman Batu Ciagung masih alami. Menurutnya, lokasi ini sangat cocok bagi mereka yang gemar berswafoto dengan latar belakang yang unik karena keberadaan batu-batu raksasa ini.

Namun, sayang, menurut Santi, lokasinya belum tertata dengan baik. Menurutnya, lokasi ini akan lebih indah jika sudah ditata menjadi obyek wisata.

"Sekarang juga sudah banyak yang ke sini untuk selfie karena belum ditata saja tempatnya sudah lumayan bagus," ujar warga Kecamatan Jatigede ini.

Ia mengatakan, keberadaan batu-batu besar ini terasa unik karena berada di tengah sawah. "Sekarang sudah ada jembatan bambu, jadi tambah bagus. Apalagi kalau ditata lagi titik untuk selfie-nya," kata Santi.

Jika sudah ditata, kata Santi, tidak menutup kemungkinan, Taman Batu Ciagung bakal dilirik wisatawan yang berkunjung ke Waduk Jatigede.

Para pengunjung saat menikmati keindahan Taman Batu Ciagung di Desa Mekarasih, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang.
Para pengunjung saat menikmati keindahan Taman Batu Ciagung di Desa Mekarasih, Kecamatan Jatigede, Kabupaten Sumedang. (Tribun Jabar/Hilman Kamaludin)

"Pasti, (dilirik) karena lokasi ini kan terlihat jelas dari jalan di bawah (Lingkar Timur Jatigede)," ujarnya.

Keindahan Taman Batu Ciagung juga diakui Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir saat mengunjungi lokasi tersebut, belum lama ini. Bahkan di mata Dony, Taman Batu Ciagung ini mirip seperti beberapa obyek wisata di Gianyar dan Ubud Bali.

"Ini tempat yang eksotis," ujarnya.

Keberadaan taman batu ini, menurut Dony, menambah alternatif tempat yang bisa disinggahi saat berwisata ke Bendungan Jatigede. Oleh karena itu, Dony meminta pihak Desa Mekarasih bersama Kelompok Penggerak Wisata (Kompepar) untuk melakukan penataan agar tempat ini menjadi obyek wisata yang banyak dikunjungi wisatawan.

"Saya minta Pak Camat, Pak Kuwu, dan Kompepar terus melakukan penataan tempat tempat wisata Batu Ciagung," ujar Dony. "Batu-batunya juga ditata," kata Dony.(*)

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved