Ayam Tangkap Khas Aceh yang Empuk dan Gurih, Coba Nikmati di Tiga Rumah Makan ini di Bandung

Ayam tangkap di sini disajikan selagi hangat. Ada rajangan daun temurui yang renyah, sambal combrang, tumisan kangkung, dan nasi hangat.

Tribun Jabar/Fasko Dehotman
kolase menu ayam tangkap Bandung 

JIKA menyukai masakan khas Aceh, Anda bisa mencoba menu ayam tangkap, olahan daging ayam goreng yang dicampur dengan daun temurui, dan rempah lainnya.

Di beberapa tempat, menu tradisional ini juga disebut ayam sembunyi karena saat disajikan daging ayam tertutup bumbu-bumbu.

Konon disebut ayam tangkap karena pembeli bebas memilih ayam mana yang hendak disantap, baru kemudian ditangkap dan diolah oleh koki untuk disajikan kepada si pemesan.

Sama seperti namanya, cara menyantapnya juga unik. Hidangan ayam goreng sebagai komposisi utama ini, disajikan bersama gunungan daun rempah berupa temuru (sejenis kemangi) dan pandan yang digoreng kering.

Daun temuru dan pandan yang memenuhi hampir semua permukaan piring hanya menyisakan sedikit celah bagi potongan ayam yang mengintip dibalik gunungan daun.

Oleh karena itu jika hendak memakannya, maka Anda harus mengubek-ubek terlebih dulu guna menemukan ayam yang dipotong kecil-kecil yang tertimbun dedaunan.

Tak harus jauh-jauh ke Aceh untuk menikmati ayam tangkap ini, karena beberapa rumah makan di Bandung menyediakan menu yang satu ini. Anda bisa mampir ke Kedai Kopi Tarik Ulur di Jalan Terusan Cigadung No 6, Kelurahan Sekeloa, Kecamatan Coblong, Kota Bandung.

Ayam tangkap di kedai Kopi Tarik Ulur, Cigadung, Bandung
Ayam tangkap di kedai Kopi Tarik Ulur, Cigadung, Bandung (Tribun Jabar/Fasko Dehotman)

Menu ayam tangkap di sana disajikan secara komplit. Ada nasi putih, ayam goreng, taburan daun temurui, bumbu serundeng, dan sambal tarik.

Tekstur daging ayamnya empuk dan gurih plus ada sambal tarik yang cukup pedas.

Opsi lain, Anda bisa menikmati ayam tangkap di Resto Boda Barn. Seporsi ayam tangkap di sana terdiri dari nasi gurih khas Aceh, potongan ayam goreng, taburan daun pandan, bumbu kemiri, dan sambal gledek.

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved