shopping

Keren, Minen Leather Sepatu Asal Bandung Yang Ekspor Hingga Ke Jepang dan Amerika

Hal inilah yang membuat Ricky Dermawan (35) pendiri produk Minen Leather untuk terus mengembangkan usaha sepatu kulitnya.

Tribun Jabar/ Putri Puspita
sepatu elegan di Minen Leather 

Laporan Wartawan Tribun Travel, Putri Puspita

TRIBUNTRAVEL.COM, BANDUNG - Aksesoris seperti tas, sabuk, sepatu yang berbahan leather atau kulit kerap kali menjadi favorit fesyen bergaya vintage.

Warna kulit yang natural kecoklatan biasanya memberikan gaya terlihat oldschool dan memberikan ciri khas tersendiri bagi penggunanya.

Di Indonesia berbagai jenis sepatu kulit seringkali dijumpai dan menjadi favorit beberapa kalangan, khususnya pencinta gaya klasik.

Hal inilah yang membuat Ricky Dermawan (35) pendiri produk Minen Leather untuk terus mengembangkan usaha sepatu kulitnya.

Ditemui  di toko sekaligus tempat workshopnya, Minen Leather berada di daerah perumahan Cigadung, tepatnya Jalan Alfa II.

Selain bisa berbelanja, di bagian belakang rumah mewah ini juga terdapat area workshop proses pembuatan sepatu yang dijual di Minen Leather.

Semua produk Minen Leather dibuat handmade oleh para pengrajin lokal, yang penjualannya justru banyak diminati oleh pasar internasional.

proses pembuatan Minen Leather
sepatu kulit teknik Patina Minen Leather

Nama Minen diambil dari nama keluarga sang pemilik yang dibuat pada 2010. Alasan Ricky membuka usaha sepatu karena Ia memang senang akan sepatu boots berbahan kulit.

"Waktu kuliah saya ingin pake sepatu kulit tapi harganya kan mahal nah saya suka bikin sepatu sendiri bikin di pengrajin Cibaduyut," ujar Ricky.

Untuk membuat sepatu ini Ricky melakukan riset jenis sepatu boots mana yang cocok untuk digunakan dan tahan diatas 10 jam.

Produk sepatu Minen ini memang terlihat begitu mewah dan elegan, sepatu ini memang dibuat khusus bagi kalangan usia 25 tahun keatas terutama pekerja kantoran.

Hal yang membedakan sepatu Minen dengan sepatu kulit lainnya adalah konsep dalam pembuatan warnanya.

sepatu kulit Minen Leather
sepatu kulit di toko Minen Leather

"Minen menggunakan konsep Patina yaitu proses aging kulit yang akan menghasilkan berbagai warna tergantung pemakaiannya," ujar Ricky.

Ricky memberikan contoh, sama halnya seperti produk denim ketika dicuci berkali-kali maka akan menghasilkan warna yang berbeda.

Berbagai model sepatu bisa Anda temukan di toko Minen, kebanyakan pilihan sepatu yang ada disini diminati oleh pria.

Setiap modelnya memiliki potongan gaya yang berbeda, namun jika diperhatikan lebih detail Anda tidak akan melihat ada persamaan di setiap gayanya karena dibuat secara handmade.

"Saya berkiblat ke sepatu Jepang untuk membuat Minen, karena di Jepang itu sepatunya lebih unik dan detail shapenya berbeda," ujar Ricky.

Teknik yang digunakan dalam proses pembuatan sepatu ini adalah good year wellted, yaitu teknik dasar sepatu yang kuat sehingga awet dan tahan lama ketika digunakan.

Pria lulusan STSI jurusan DKV ini juga menjelaskan jika Ia memang fokus ke gentleman shoes yang lebih banyak diminati di Jakarta dibandingkan di Bandung.

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved